View Full Version
Sabtu, 18 Aug 2012

Hilal Tak Terlihat, JAT Putuskan Sabtu Tetap Puasa, Ahad Idul Fitri

JAKARTA (voa-islam.com) - Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) menyatakan berdasarkan hasil ru’yatul hilal di berbagai wilayah dan bulughul khabar (sampainya berita) dari berbagai negara menyatakan hilal tidak terlihat.

JAT wilayah Jakarta yang mengirimkan personil untuk ru’yatul hilal di Cakung juga menyatakan tidak melihat hilal. “Sore tadi hilal tidak terlihat dari pos Cakung,” ujar Khalid, salah satu utusan JAT yang melakukan ru’yatul hilal, Jum’at (17/8/2012).

Dengan demikian JAT menyatakan untuk menggenapkan puasa Ramadhan (istikmal) menjadi 30 hari. Berdasarkan ketetapan ini JAT juga memutuskan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 H jatuh pada hari Ahad (19/8/2012).

“Kita sudah melakukan syuro jam 12.00 WIB tadi dan mengambil bulughul khabar bahwa hilal tidak tampak, maka istikmal (menyempurnakan puasa 30 hari), di negara timur tengah pun demikian,” ujar Amir Binnayabah JAT, ustadz Muhammad Achwan saat diwawancara voa-islam.com, Sabtu (18/8/2012) dinihari.

Ia juga mengimbau kaum muslimin untuk menyempurnakan puasa Ramadhan pada hari Sabtu dan melaksanakan shalat idul fitri pada hari Ahad keesokan harinya. [Ahmed Widad]


latestnews

View Full Version