View Full Version
Sabtu, 29 Nov 2014

Deklarasi Ikatan Ulama dan Da'i Se-ASEAN: Meningkatkan Kualitas Dakwah, Menebarkan Akhlaqul Karimah

Depok (voa-islam.com) -  Deklarasi dan Muktamar I Ikatan Ulama dan Da'i Se-Asia Tenggara di gelar di Hotel Santika, Depok, Jumat  (28/11/2014). Berbagai Pimpinan Ormas Islam serta yang mewakilinya pun hadir dalam Mutakmar yang di akhiri dengan Deklarasi.

Sebagaimana disampaikan oleh inisiator deklarasi ini, ustadz Muhammad Zaitun Rasmin Lc., MA, bahwa lembaga ini dibentuk sebagai wadah silaturrahim, konsolidasi, dan sinergitas (ta’awun) para ulama dan da’i di kawasan Asia Tenggara, sehingga mereka dapat melaksanakan peran mereka dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, lembaga ini dimaksudkan pula sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas keilmuan, memaksimalkan da’wah, dan menyebarkan akhlaq mulia dalam bingkai prinsip moderat Islam (al-wasathiyah) menuju terwujudnya peradaban Islam Asia Tenggara yang gemilang.

Wadah ini juga sebagai perekat persatuan kaum Muslimin di kawasan ASEAN, yang diharapkan dapat membantu mencegah dan menyelesaikan perselisihan serta pertikaian antar negara ASEAN dalam berbagai aspek kehidupan politik dan sosial.

Deklarasi ini dirangkaikan dengan muktamar I yang dibuka oleh Dr. Hidayat Nur Wahid, wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI). Turut hadir menyampaikan sambutan, wakil ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH. Ma’ruf Amin, Walikota Depok Dr. Nur Mahmudi Ismail, M.Sc. Di samping itu hadir pula ketua dan perwailan ormas Islam, di antaranya Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII), PP Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama (NU), Wahdah Islamiyah (WI), Persatuan Islam (Persis), Hidayatullah, PB Al-Washliyah, serta delegasi negara-negara ASEAN dan Timor Leste.

Semoga gerakan ini bukan sekedar garang di awalnya saja, dan terhenti entah kemana, tetapi benar dan sungguh bersinergi menjadi satu kesatuan ulama yang berwibawa di hadapan musuh dan di hormati di kalangan muslimin. (Protonema/bbs/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version