View Full Version
Selasa, 10 Feb 2015

Sri Sultan HB X Tegaskan Keraton Ngayojakarto adalah Kekhilafahan yang Masih Eksis

JOGJAKARTA (voa-islam.com) - Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI (keenam) akhirnya digelar di Yogyakarta (Jogja) pada tanggal 8-11 Februari 2015 di Hotel Inna Garuda Jogja. Kongres yang dihadiri sekitar 700 orang itu akan dibuka pada hari Senin tanggal 9 Februari 2015

Dalam sambutannya di pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia ke-6 di Yogyakarta, Gubernur sekaligus Sultan Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwana X menyampaikan bahwa keraton Yogyakarta merupakan kelanjutan Khilafah Turki Utsmani.

“Sultan Turki Utsmani meresmikan Kesultanan Demak pada tahun 1479 sebagai perwakilan resmi Khalifah Utsmani di tanah Jawa, ditandai penyerahan bendera hitam dari kiswah Ka’bah bertuliskan La Ilaha Illa Allah dan bendera hijau bertuliskan Muhammad Rasul Allah. Hingga kini (kedua bendera itu) masih tersimpan baik di keraton Jogja,” terangnya.

“Dalam arti Kesultanan Ngayogyakarta adalah kekhilafahan yang masih eksis di bumi pertiwi,” terangnya seperti dikutip Zuhrif Hudaya 09 Februari 2015.

Selain itu saat pembukaan juga Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syariffudin saat sesi ta’aruf Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI (keenam) di Hotel Inna Garuda Yogyakarta (Jogja) pada Ahad (08/02/2015) malam berharap agar KUII dapat menjadi tonggak bersatunya umat Islam di Indonesia.

Sejalan dengan apa yang d ungkapkan oleh bapak menteri, Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas, yang berharap KUII kali ini meniru semangat KUII pertama pada 1945 lalu di kota yang sama, Yogyakarta.

"Kongres diadakan kembali di Yogya supaya semangat untuk umat Islam bersatu dikembalikan lagi. Seperti waktu Kongres (KUII) Pertama, tepatnya di Madrasah Muallimin Muhammadiyah, yang melahirkan Masyumi," kata Yunahar Ilyas saat ditemui di lokasi KUII Keenam, Yogyakarta, Ahad (8/2).

Semoga KUII VI ini bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk umat islam di Nusantara khususnya, demi tegakanya agama islam di Indonesia. [bbs/protonema/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version