View Full Version
Jum'at, 27 Mar 2015

Pengamanan Sidang Pra Peradilan di PN Kelas 1 Surakarta Berlebihan

SOLO (Voa Islam) - Sejak Rabu dan kamis kemarin (25-26/3), sidang praperadilan kepolisian cq Kapolresta Surakarta digelar di PN Khusus Kelas 1 Surakarta, di Jl. Slamet Riyadi berhadapan dengan stadion Sriwedari.

Menurut Joko Sutarto, SH  (Rabu, 25/3) selaku pengacara tokoh muda Laskar Islam Solo, Agus Junaedi (43 th), pihak kepolisian salah dalam menyebut TKP dan tidak memiliki cukup bukti untuk menahan dan men-tersangka-kan kliennya.

Pada hari Rabu (25/3), hampir tidak terlihat pengamanan yang berarti dari kepolisian saat PN Khusus Kelas 1 Surakarta menggelar awal persidangan. Namun pada hari Jum'at (27/3) tadi pada saat pembuktian, pengamanan amat menghebohkan.

Sidang yang dimulai jam 9 pagi tadi, pengacara menghadirkan Agus Junaedi, Fuad dan Joko Sudarmo. Sedangkan pihak Advokat Kepolisian menghadirkan Penyidik dan Korban pemukulan.

"Pengamanan sangat terkesan sangat berlebihan dan over-acting," kata Humas Laskar Ummat Islam Surakarta (LUIS), Endro Sudarsono, SPd.I.

"Masak, pengunjung hanya 30-an (dimana inipun sudah bercampur dengan aparat dan intel kepolisian, red.) dikawal pengamanan ratusan aparat kepolisian," tambah Ustadz Endro.

Ketika ditanya voa Islam, mungkin ini efek atau akibat dari Pers Release dari pihak LUIS ? Yakni tentang temuan tim pencari faktanya yang menyebutkan adanya penyiksaan dan ancaman bunuh dari Polisi kepada mereka yang dituduh memukuli korban di depan Warnet Joyo.net, kampung Gabudan, Ps. Kliwon yang tidak jauh dari tempat penjualan Ciu (miras oplosan) pada hari Rabu malam (4/3).

Ustadz Endro secara lugas menukas, " Itu kan fakta walau mungkin pihak Polisi jadi merasa tersudut!"

LUIS juga berencana menyampaikan temuan fakta ini kepada semua pihak terkait, seperti pihak Kapolresta Surakarta sendiri, Kapolda Jawa Tengah, Kapolri di Jakarta, Ombudsman DIY, Kompolnas dan Komnas HAM. (AF/Endro/Voa-Islam.com)

Suasana Ruang Sidang Praperadilan

Suasana padat di Ruang Pengadilan Sidang Praperadilan PN Kelas 1 Surakarta (Jum'at, 27/3)

Brimob Bermotor

Regu Brimob bersiaga di halaman PN kelas 1 Surakarta

Ruang Sidang

Padatnya Pengunjung Sidang Pra-Peradilan (jum'at, 27/3)

Polisi berseragam banyak mengisi kursi tambahan persidangan.

Pasukan Brimob Bermotor didalam halaman PN Surakarta Jum'at (27/3) kemarin


latestnews

View Full Version