View Full Version
Senin, 14 Sep 2015

Pemerintah Tetapkan Idul Adha Hari Kamis, dan Muhammadiyah Hari Rabu

JAKARTA (voa-islam.com) - Berdasarkan hasil sidang isbat, Pemerintah menetapkan Idul Adha 2015 jatuh pada Kamis, 24 September 2015,  yang digelar Kementerian Agama, Minggu,13/9/2015.

Sidang isbat yang bersifat tertutup itu memutuskan jatuhnya Idul Adha hari Kamis. Sidang isbat dihadiri sejumlah tokoh agama Islam, pimpinan ormas Islam dan beberapa utusan kedutaan besar negara terkait. Hasil sidang isbat disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Islam Machasin dan Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam dalam jumpa pers.

Dalam jumpa pers menjelaskan tentang hasil sidang isbat penetapan awal bulan Dzulhijah 1436 H. Lewat penetapan awal bulan Dzulhijah, maka akan diketahui hari Puasa Arafah dan Idul Adha tahun ini.

Sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha tahun ini pada 23 September 2015. Sedangkan pemerintah baru akan menetapkan jatuhnya Idul Adha lewat sidang isbat. Sebnarnya, jika berdasarkan wukuf di Arafah, tidak ada  perbedaan dalam menetpakan Idul Adha.

Menurut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin mengharapkan agar masyarakat menghargai ketidaksamaan perayaan Idul Adha antara pemerintah dengan ormas Islam atau masyarakat.

"MUI sudah sepakat dan mencari kesamaan-kesamaan. Tapi kalau itu misalnya tidak sama, ya kita sudah punya komitmen saling pengertian dan saling legawa," kata dia. Dengan demikiarn bila mengikuti pemerintah, Idul Adha jatuh hari Kamis, sedangkan Muhammadiyah akan jatuh hari Rabu. (sasa/dbs/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version