View Full Version
Kamis, 22 Oct 2015

Atasi Kemarau Panjang dan Kebakaran Hutan, MUI Ajak Umat Islam Shalat Istisqa

JAKARTA (voa-islam.com)—Kemarau panjang masih terjadi di berbagai daerah. Akibat dari kemarau panjang ini terjadi kebakaran hutan, kekeringan, gagal panen, krisis air bersih dan sebagainya.

Melihat fakta ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam untuk bertaubat.

“Seruan ini kami mengajak umat Islam bertaubat, memohon ampun kepada Allah.Karena yang terjadi boleh jadi karena perbuatan kita sendiri,” ujar Ketua Umum MUI, KH. Ma’ruf Amin saat konferensi pers di Kantor MUI, Jalan Proklamasi 51, Jakarta, Rabu (21/10/2015) siang.

Kemudian Kiai Ma’ruf mengingatkan umat Islam seraya mengutip ayat al-Qur`an Surat Ar-Rum ayat 41. Ayat ini menjelaskan bahwa kerusakan di daratdan di laut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia.

“Jadi ini peringatan Allah untuk kita,” kata Kiai Ma’ruf.

Selain menyerukan untuk bertaubat, MUI juga mengajak umat Islam untuk melaksanakan shalat Istisqa dengan didahului puasa selama tiga hari. Shalat Istisqa ini untuk meminta keringanan atas krisis yang melanda, juga meminta kepada Allah menurunkan rahmat dan hujan.

“Kami juga menyerukan Shalat Istisqa, meminta hujan. Dengan didahului puasa tiga hari sebelumnya, meminta ampun. Istighfar,” seru Kiai Ma’ruf.*[Nizar/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version