View Full Version
Rabu, 25 Nov 2015

Ini Penjelasan LPPOM MUI Pusat Soal Ditemukan Bumbu Mengandung Babi di Solaria

JAKARTA (voa-islam.com)—Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr Lukmanul Hakim, MSi memberi penjelasan soal ditemukannya bahan baku mengandung babi di Resto Solaria Plaza Balikpapan, Kalimantan Timur.

“LPPOM MUI Pusat sedang melakukan uji banding terhadap hasil-hasil tersebut di Balikpapan.LPPOM MUI memiliki ketentuan terhadap penyimpangan yang dilakukan oleh pemegang sertifikat halal, jika ada,” ujar Lukmanul Hakim dalam keterangan resmi yang diterima voa-islam, Selasa (24/11/2015) malam.

Lukmanul Hakim melanjutkan, LPPOM MUI juga memiliki prosedur pengawasan bagi perusahaan pemegang sertifikat halal MUI. (baca: Hati-hati! Di Resto Solaria Ditemukan Bahan Baku Mengandung Babi)

“Selama ini pengawasan terhadap Solaria berjalan sesuai ketentuan dan prosedur. Selama pengawasan tidak ditemukan hal-hal yang mengarah kepada hasil tersebut di Balikpapan,” lanjut Lukmanul Hakim.

Untuk itu, Lukmanul Hakim kembali menegaskan, LPPOM MUI merasa perlu untuk melakukan langkah uji banding terhadap hasil analisa tersebut.

“Termasuk uji ke metode lain seperti PCR dan LC MS MS. Uji masih sedang berlangsung dengan pembanding di beberapa lab (laboratorium) terakreditasi. Kita sedang  tunggu hasilnya,” kata Lukmanul Hakim.* [Syaf//voa-islam.com]


latestnews

View Full Version