View Full Version
Jum'at, 11 Dec 2015

Pejuang Islam di Bima H. Ale Tutup Usia

BIMA (voa-islam.com) - Innalillahi  wainna ilaihi roji'un, Rabu (09/12) kemarin sekitar pukul 16:00 WITA, di Rumah Sakit Muhammadiyah Bima, kembali umat Islam Bima kehilangan salah satu tokoh, figur, panutan, pejuang Islam, almarhum H.M.Ali Ta'amin, yang biasa disapa H. Ale.

Beberapa bulan belakangan ini, beliau keluar-masuk rumah sakit karena komplikasi sakit yang sudah akut.

H. Ale yang tutup usia pada umur 79 tahun, dikenal sebagai salah satu aktivis peristiwa Donggo tahun 1972, Beliau merupakan Salah satu Putra terbaik dari Suku Donggo, penggerak aksi dalam membendung kristenisasi disalah satu suku terbesar di Kabupaten Bima NTB.

Pada era tahun 1972, terjadi peristiwa besar, yang memaksa aparat TNI turun tangan, karena terjadi huru-hara yang memang dimaksudkan untuk menuntut keadilan bagi suku Donggo dan membendung kristenisasi.

Peristiwa Donggo tahun 1972 tersebut, merupakan momentum bangkitnya umat Islam Bima dan menjadikan Bima dikenal sebagai salah satu daerah bekas ditegakkannya syariat Islam.

Kamis pukul 11:00 WITA, ratusan pelayat mengantarkan almarhum untuk yang terakhir kali. Almarhum di makamkan di tempat Pemakaman Umum Desa O'o Kec. Donggo Bima. [fiyas umar/voa-islam.com]

Editor: Syahid


latestnews

View Full Version