View Full Version
Kamis, 24 Dec 2015

Banda Aceh Kini Dilengkapi Informasi Online tentang Masjid

BANDA ACEH (voa-islam.com) - Masyarakat Aceh dan wisatawan lokal serta internasional yang berkunjung ke Banda Aceh sekarang tidak sulit lagi untuk mengetahui informasi tentang masjid-masjid di Banda Aceh.

Dengan hadirnya sebuah Sistem Informasi Masjid (SIMAS), siapapun yang terkoneksi ke internet dapat mengetahui profil dan sejarah masjid, data pengurus dan imam masjid, jadwal kajian serta daftar khatib Jumat masjid dilengkapi dengan foto-foto serta lokasi masjid di Banda Aceh

Portal yang dapat dikunjungi melalui alamat situs http://simas.bandaacehkota.go.id/ ini adalah inovasi dan kreatifitas dari anak-anak muda di komunitas Innovative Development in Education for Aceh (IDEA Aceh) bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wilayah Aceh dan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (DISHUBKOMINFO) dan Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Banda Aceh.  

Pada Sistem Informasi ini diberikan informasi tentang profil masjid beserta foto eksterior dan interior masjid. Pengunjung portal juga dapat mengetahui nama pengurus, imam hingga remaja masjid sebagai elemen Badan Kemakmuran Masjid (BKM). Pada Portal ini juga ditampilkan jadwal-jadwal kajian yang berisikan waktu beserta penceramah yang mengisi kajian bila kajian tersebut bersifat rutin per minggu. Sebagai pelengkap, jamaah juga dapat mengetahui jadwal Khatib Jumat per masjid hingga akhir tahun untuk masjid-masjid yang telah menetapkan jadwalnya.

Program Manager IDEA, Jurnalis J Hius ST., MBA mengatakan Sistem Informasi ini adalah bentuk kontribusi anak muda Banda Aceh yang mencintai masjid agar masjid di Banda Aceh lebih dikenal.

“Tak kenal maka tak sayang, jadi kita kenalkan masjid, agar penduduk lokal dan wisatawan sayang dan memakmurkan masjid”, kata Jurnalis yang juga dosen Teknologi Informasi ini.

Dalam pengembangan versi 3.0, insya Allah kita akan buat versi Androidnya, sehingga jamaah dapat mendownloadnya dari Google Play Store dimana Aplikasi tersebut selain dapat mengingatkan waktu shalat dengan Adzan Reminder, juga dapat mengarahkan pemakai aplikasi dimana Masjid yang paling dekat dengan posisi pemegang smartphone dengan fasilitas Tagging.

Misi kita hanya satu, mengajak masyarakat untuk dekat dan terikat dengan Masjid,” imbuh lulusan Teknik Informatika STTTelkom dan ITB Bandung ini

 

“Misi kita hanya satu, mengajak masyarakat untuk dekat dan terikat dengan Masjid,” imbuh lulusan Teknik Informatika STTTelkom dan ITB Bandung ini.

IDEA Aceh mengharapkan, ada kontribusi dari seluruh Pengurus Remaja Masjid untuk mengirimkan artikel dan informasi yang sangat berguna tentang masjid di masing-masing desa, sehingga portal ini akan lengkap dan informatif ke depannya.

Sehingga visi Banda Aceh sebagai model kota Madani akan bisa kita implementasikan. Artikel dan informasi tentang masjid dapat dikirimkan melalui email [email protected] atau langsung melalui WhatsApp dan Telegram IDEA di 085220121485. [jurnalis/voa-islam.com]

Editor: Syahid


latestnews

View Full Version