View Full Version
Jum'at, 03 Jun 2016

FOZ: Jika Dioptimalkan, Potensi Zakat di Indonesia Bisa Mengentaskan Kemiskinan

JAKARTA (voa-islam.com)--Hingga September 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumah penduduk miskin Indonesia mencapai 28,51 juta orang. Angka tersebut bertambah 780 ribu orang dibanding September 2014 yang mencapai 27,73 juta orang.

Sementara, ukuran garis kemiskinan secara nasional di perkotaan adalah pendapatan 356.000 rupiah per kapita perbulan. Sedang perdesaan, pendapatan 333.000 rupiah per kapita perbulan.

Dengan menggunakan data diatas, forum asosiasi organisasi pengelola Zakat Indonesia, Forum Zakat (FOZ), mengajak kaum muslimin untuk ikut serta menuntaskan kemiskinan melalui amal zakat, infaq dan shadaqoh.

“Artinya ini sebuah peluang kebaikan bagi kita. Dan kita bisa tuntaskan kemiskinan ini,” kata Nur Efendi, Ketua Forum Zakat (FOZ) saat konferensi pers jelang ramadhan di Jakarata, Rabu (1/6/2016).

Efendi sendiri mengungkapkan bahwa potensi zakat di Indonesia sebagai negeri mayoritas muslim saat ini, mencapai nilai yang cukup fantastis. Yakni lebih dari 217 triliun rupiah. Sementara hasil pengumpulan dari lembaga amil zakat yang merupakan anggota FOZ di tahun 2014, baru mencapai angka 1 triliun rupiah.

Dengan demikian, Efendi menganggap bahwa potensi zakat yang ada, jika dioptimalkan bisa untuk menuntaskan kemiskinan orang Indonesia.

“Ini ada potensi 217 triliun. Maka peran kita dengan potensi yang ada, kita optimalkan,” ungkap dia.* [Nizar/Syaf/voa-islam.com]

 

 


latestnews

View Full Version