View Full Version
Sabtu, 04 Jun 2016

Dokter Hewan Ini Sesalkan Pembiaran Pengambil Darah Hewan Sembelihan di RPH Tuban

TUBAN (voa-islam.com)--Pembiaran pengambilan darah hewan sembelihan pada rumah pemotongan hewan (RPH) di Tuban, Jawa Timur mendapat perhatian dari Drh Iskandar Muda, dari Widyaiswara BBPP Songgoriti Batu Malang.

Beliau hadir dalam saat acara sertifikasi juru sembelih Halal (Juleha) sebagai tim penilai. Tentu saja beliau menyaksikan langsung kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan di RPH Tuban tersebut.

Saat melakukan penilaian uji kelayakan kompetensi juru sembelih halal, bersama dua belas peserta dari berbagai wilayah meliputi Jawa Tengah dan Jawa Timur, beliau menyaksikan sendiri kejadian tersebut, yaitu pembiaran pengambilan darah mengalir dari hewan yang disembelih dengan kotak kayu. Pengambil darah ini dilakukan oleh oknum masyarakat setempat.

Melihat hal itu, Drh Iskandar tidak bisa berbuat apa-apa karena kapasitas sebagai tamu dan tim penilai Juleha. Meskipun saat itu ada peserta yang ikut dalam sertifikasi juru halal menegurnya karena bertentangan dengan kaidah syariah Islam dan kompetensi aturan penyembelihan halal.

Dalam sambutanya Drh Iskandar Muda sangat menyayangkan hal itu karena akan merugikan dan meresahkan umat islam. Beliau juga sampaikan harapan agar RPH yang ada segera membenahi diri, supaya masyarakat muslim terpenuhi hak-haknya.* [Protonema/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version