View Full Version
Kamis, 03 Nov 2016

Zeng Wei Jian: Umat Islam Indonesia Sangat Toleran

JAKARTA (voa-islam.com)--Aktivis Sosial, Zeng Wei Jian menilai umat Islam di Indonesia sudah sangat toleran. Namun, menurutnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah keterlaluan.

"Umat Islam sudah sangat toleran, dalam hal ini saya pribadi agak gregetan melihat tingkah Ahok," kata Zeng kepada Voa-Islam, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Padahal, lanjut Zeng, Kalau di luar negeri respon terhadap penistaan agama sangat keras. Zeng sendiri melihat ada kemunduran dalam kehidupan berbangsa di Indonesia. Sebab, seorang penista agama, seperti mendapat perlindungan hukum dan proses hukumnya ada intervensi politik. Bahkan, presiden juga membiarkan.

"Saya melihat ini sebuah setback dalam kehidupan kita sebagai civil society," ujarnya.

Zeng berpendapat, persoalan Ahok bukan hanya masalah umat Islam. Tetapi, sudah menjadi masalah bangsa.

"Karena, ada seorang penista agama yang tidak diproses hukum memicu gelombang aksi massa setiap hari dan kemudian tidak direspon dengan benar oleh aparat. Umat Islam sangat toleransi luar biasa menurut saya," jelasnya.

Zeng juga menilai Ahok telah menistakan agama. Meski, Ahok dan pendukungnya membantah telah menistakan agama. Sebab, MUI sudah memberikan pandangan keagamaannya.

"Ketika MUI sudah mengeluarkan fatwa itu menjadi pegangan," ucapnya.

Zeng juga membantah tudingan bahwa pandangan keagamaan MUI terhadap Ahok diintervensi kepentingan politik. Menurut Zeng, hal itu mustahil terjadi pada MUI yang memiliki latar belakang dari kelompok yang beragam.

"MUI tidak mungkin ditunggangi kepentingan politik. Ini Majelis Ulama loh,  Kita harus hormati. MUI terdiri dari beragam, ada dari NU dan Muhammadiyah. Jadi sangat sulit sekali dibeli," pungkasnya. *[Bilal/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version