View Full Version
Rabu, 23 Nov 2016

Layani Konsumen Muslim Selama Olimpiade, Jepang Jajaki Kerjasama dengan LPPOM MUI

TOKYO (voa-islam.com)--Jepang yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade pada 2020, semakin serius mempersiapkan diri.

Selain membangun sarana dan prasarana baru, untuk menyambut perhelatan olahraga tingkat dunia itu, pemerintah Jepang juga mempersiapkan fasilitas dan makanan halal untuk ajang tersebut.

"Hal ini kami lakukan karena kami ingin agar para pemeuk agama Islam yang akan hadir di Olimpiade Jepang dapat menikmati makanan halal sesuai keyakinan Islam," kata Tadayoshi Sueguchi, Director Food and Beverage Planning Section Tokyo Organizing Committee of Olympic.

Dalam pertemuan khusus dengna Direktur LPPOM MUI, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si., di Tokyo (22/11), Tadayoshi mengungkapkan bahwa pihaknya ingin sekali mendapat masukan dari MUI terkait penyiapan makanan dan minuman untuk para atlet di Olimpiade.

Untuk keperluan tersebut, pihaknya mengharapkan agar MUI dapat berperan sebagai salah satu advisor, dan akan ada pertemuan tindak lanjut untuk membahas hal tersebut.

Sementara itu, Lukmanul Hakim menyatakan bahwa bagi umat Islam, mengkonsumsi yang halal menjadi suatu keharusan, sehingga tersedianya makanan halal bagi mereka juga tak bisa diabaikan.

Ada beberapa standard dan kriteria yang harus dipenuhi agar makanan dan minuman dapat disebut halal.

"MUI yang sudah menangani halal lebih dari 27 tahun siap mendukung ketersediaan makanan halal di Jepang, karena makin banyak orang Indonesia yang berwisata ke Jepang, terlebih lagi dengan akan adanya Olimpiade pada 2020 yang akan datang," kata Lukmanul Hakim.

Dalam kesempatan tersebut, atas nama MUI, Lukmanul Hakim memberikan apresiasi kepada pemerintah Jepang yang berusaha memberikan pelayanan kepada konsumen Muslim, baik dari Indonesia maupun negara-negara lain. * [FM/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version