View Full Version
Selasa, 14 Feb 2017

Soal Pilih Gubernur Muslim, Yunahar Ilyas: Ruhut Sitompul Pilih Ahok karena Seiman Tidak Masalah

 

 

JAKARTA (voa-islam.com)--Ketua PP Muhammadiyah Prof. Yunahar Ilyas membantah pernyataan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bahwa warga yang memilih calon Kepala Daerah berdasarkan agama telah melanggar konstitusi.

"Itu ngawur, pernyataan keliru. Orang boleh memilih berdasarkan agama, suku, sekampung, dan separtai boleh karena itu dilindungi oleh undang-undang. Itu sangat konstitusional," kata Yunahar di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Lanjut Yunahar, memilih pemimpin berdasarkan apapun diperbolehkan selama dengan cara-cara konstitusional, seperti tidak menjelek-jelekan lawan. 

"Ruhut Sitompul memilih Ahok karena seiman tidak ada masalah, di dunia semua seperti itu. Kalau memilih berdasarkan agama tidak boleh, berarti separtai tidak boleh juga," tandasnya. 

Sekedar diketahui, sebelumnya Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Ournama alias Ahok yang juga maju di Pilgub DKI 2017, melontarkan pernyataan kontroversial terkait dengan pertimbangan pemilihan calon kepala daerah berdasarkan agama.

Menurut Ahok, memilih calon kepala daerah berdasarkan agama melanggar konstitusi. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version