View Full Version
Ahad, 02 Apr 2017

Keamanan Kuliah Umum Zakir Naik di Bandung Dilakukan Berlapis

 

BANDUNG (voa-islam.com)--Panitia kuliah umum Dr.Zakir Naik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menyiapkan keamanan berlapis di lokasi kegiatan.

"Kami membagi tiga layer atau ring keamanan di lokasi acara," kata Panitia Lokal Zakir Naik Visit, Rizkidianyah, di UPI Bandung, Jawa Barat,  Ahad (2/4/2017).

Panitia mengerahkan tim keamanan dari pihak Kepolisian untuk semua ring lokasi acara.

"Dari kepolisian sebanyak 500 personil untuk di Layer 1, 2, dan 3," jelas Rizky.

Selain Polisi, panitia juga nengerahkan relawan dan ormas untuk keamanan. Nampak, personil dari Resimen Mahasiswa (Menwa), FKPPI, dan Santri Siap Guna Darut Tauhid.

"Relawan dan ormas kita siapkan sebanyak 400 orang untuk di setiap layer,"

Sejauh ini, kata Rizky, dari segi keamanan tidak ada kendala signifikan. Hanya saja, menurutnya, ada kendala teknis berkaitan kesiapan logistik bagi keamanan.

"Kalau mau dimasukan sebagai kendala, kita lupa membelikan sarapan," cetusnya sembari tersenyum.

Terkait keamanan, Rizky mengungkapkan dua hal menjadi concern antisipas. Yaitu Over capacity dan peserta tanpa ID card.

"Bagi yang tidak membawa ID, tidak bisa sama sekali masuk ruangan," ujarnya.

Kendati demikian, sambung Rizky, pengunjung yanh tidak membawa ID card masih bisa menikmati kuliah umum Zakir Naik melalui layar video yang disediakan oleh panitia di luar ruangan.

Keamanan selain mengatur lalu lintas antrian registrasi, juga menyiapkan metal detektor di pintu masuk, serta berjaga-jaga di setiap ring lokasi kegiatan.

Cendikiawan Muslim asal Mumbai India, Dr.Zakir Naik direncanakan mengisi kuliah umum bertema "Dakwah or Destruction" di UPI Bandung, dari pukul 08.00 wib pagi hingga pukul 12.00 wib.

Rencananya, Dr Zakir Naik akan memberikan kuliah umum di lima kota Indonesia selama 10 hari ke depan, dari 1-10 April 2017. Kelima kota yang bakal disambangi oleh ahli theologi itu adalah Bandung, Yogyakarta, Ponorogo, Bekasi, dan Makassar. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version