View Full Version
Rabu, 19 Apr 2017

Menuju Fisip Unsyiah Madani, Membangun Peradaban dengan Islam

ACEH (voa-islam.com) - Ada yang baru dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsyiah tahun ini, ialah kegiatan Kajian dan Orientasi Agama Islam FISIP (KOALISI)  2017.

Kegiatan ini digagas oleh mahasiswa  yang menjadi Pengurus Unit Pengembangan Program Mata Kuliah Agama Islam (UP3AI) FISIP. UP3AI merupakan program turunan dari rektorat Unsyiah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami Islam dan mempelajari Al-Qur’an.

Kegiatan KOALISI ini berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 8-9 April 2017 bertempat di Aula FISIP pada hari pertama dan di Mesjid Jamik pada hari selanjutnya. Para peserta yang berasal dari angkatan 2016 ini cukup antusias menyambut kegiatan ini. Pasalnya, salah satu rangkaian kegiatannya adalah Tahyiz Mayit, dimana peserta akan mengikuti simulasi pengurusan jenazah. Hal ini sangat penting kita pahami mengingat bahwa hukum mengurus jenazah adalah Fardhu Kifayah. Sedangkan spesial untuk peserta ikhwan, ada agenda Mabit pada Sabtu malam yang kemudian dilanjutkan dengan Subuh Education FISIP pada Minggu subuh.

“Semoga kegiatan KOALISI ini dapat menjadi titik tolak menuju FISIP Unsyiah Madani, kita sama-sama buktikan bahwa mahasiswa FISIP memiliki pemahaman yang baik terkait Islam. Semoga kedepannya kegiatan KOALISI dapat diselenggarakan setiap tahun,” tegas Nasrul Azwar, mahasiswa Ilmu Politik 2013 yang merupakan Wakil Direktur UP3AI FISIP sekaligus Ketua Panitia KOALISI 2017.

“Saya sangat mengapresiasi Wadir UP3AI FISIP beserta jajaran panitia yang telah berinisiatif menyelenggarakan acara ini. Semoga dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa angkatan 2016 terkait Islam. Juga kepada para peserta harap mengikuti acara dengan seksama agar dapat mengambil nilai-nilai Islam yang disampaikan," ucap Direktur UP3AI FISIP, Drs. Amsal Amri, M.Pd dalam sambutan sekaligus pembukaan acara.

Kegiatan KOALISI perdana ini juga didukung penuh oleh pihak Dekanat dan Rektorat Unsyiah. Bahkan Dekan FISIP Dr. Syarifuddin Hasyim SH, M.Hum dan Wakil Rektor 3 Unsyiah Dr. Ir. Alfiyansyah Yulianur, BC memberi testimoni sebelum terselenggaranya acara dan berharap agar acara ini berjalan lancar. Selain karena susunan acara yang baik dan menarik, pihak dekanat dan rektorat juga sangat mengapresiasi KOALISI yang memberi nilai SKPI bagi peserta yang mengikuti acara penuh. SKPI merupakan aturan baru rektorat terkait batas minimal nilai SKPI sebagai syarat wisuda nantinya. SKPI ini dapat diperoleh dari kegiatan-kegiatan kampus, dan KOALISI salah satunya.

Selain diselenggarakan oleh pengurus UP3AI, acara KOALISI ini juga didukung oleh Majelis Dakwah FISIP (MDF) yang turut membantu terlaksananya acara. Heri Setiawan yang merupakan Ketua MDF mengungkapkan bahwa ia sangat senang karena MDF dapat turut andil dalam kegiatan dakwah ini.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara KOALISI ini, dalam beberapa kesempatan tampak wajah murung hingga teriakan ‘lanjut’ saat pemateri akan mengakhiri penyampaiannya. Adapun pada kegiatan Tahyiz Mayit, simulasi mengurus jenazah ini dilakukan dengan serius, selain menambah pengetahuan dan kemampuan juga dapat menjadi tazkirah atau pengingat bagi peserta yang mengikuti.

Menariknya lagi, setelah kegiatan Tahyiiz Mayit seluruh peserta diajak untuk bermuhasabah, dengan metode hipnoterapi, hampir seluruh peserta tenggelam dalam renungan bahkan panitia yang hadir pun ikut terbawa suasana. Di akhir acara, panitia membuka pendaftaran bagi mahasiswa FISIP 2016 yang berkeinginan menjadi mentor UP3AI. Dari FISIP, oleh FISIP, dan untuk FISIP. [ril/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version