View Full Version
Ahad, 28 May 2017

MUI Surakarta Buka Program Konseling Keluarga Samara

SOLO (voa-islam.com)--Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Surakarta meluncurkan program konseling keluarga sakinah mawahdah warohmah (samara) di Gedung MUI Kota Surakarta, Jumat (26/5/2017). Program ini sengaja dibuat dalam rangka membina akhlak masyarakat. 
 
"MUI secara umum membina moral dan agama. Kondisi bangsa saat ini semakin tidak baik, maka kami terdorong memperbaiki akhlak," ujar Hj. E. Trihayutiningsih, Ketua Komisi  Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Kota Surakarta mengatakan.
 
Lanjutnya,  konseling keluarga samara telah digagas sejak tahun 2017, namun baru dapat direalisasikan awal Ramadhan ini. Program ini diharap dapat menjawab bebagai persoalan yang membelit umat muslim. 
 
"Ada keluarga yang sudah baik mendidik anak, tapi akhlak anaknya rusak karena pergaulan bebas. Ada juga keluarga yang selalu ribut karena tidak didasari pemahaman agama yang baik.Ada juga yang terjerat persoalan hukum karena ketidak tauannya. Ini beberapa persoalan yang kami tangkap," ungkap Titin.
 
Kebutuhan tersebut diakomodir dalam sejumlah sesi konsultasi. Diantaranya konseling psikologi, kesehatan, psikiatrik, agama, ekonomi syariah dan hukum. Sebagai awalan, konsultasi akan dilayani setiap hari Jumat.  Setidaknya ada 18 konselor yang akan memberikan layanan konsultasi di Gedung MUI Kota Surakarta. 
 
Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jebres, Kasmiyanto berharap program konseling keluarga samara dapat menekan angka peceraaian di kota Surakarta. Ia menangkap adanya tren peningkatan perceraian. Di KUA Kecamatan Jebres setiap bulan paling tidak ada lima kasus perceraian. 
 
"Tingkat perceraian tinggi di usia muda. Tiap tahun meningkat. Padahal baru nkah  tiga bulan, satu tahun,  tiga tahun tapi sudah mau bercerai," ujarnya.
 
Ia menambahkan, pernikahan usia muda tejadi rata-rata akibat pergaulan bebas. Bahkan ada yang daftar perkawinan lantaran sudah hamil.
 
"Ini kondisi yang sangat memprihatinkan. Mudah mudahan program konseling ini dapat memperbaiki dari sisi keluarga," tandasnya. * [Aan/Syaf/voa-islam.com]

latestnews

View Full Version