View Full Version
Kamis, 08 Jun 2017

Selain Wahyu, Iqra' menjadi Hal Penting Bentuk Peradaban Islami

JAKARTA (voa-islam.com)- Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan bahwa kemajuan sebuah bangsa salah satunya dapat dilihat dan ditentukan dari latar belakang pendidikannya.

"Penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kunci," tulisnya, di akun Twitter pribadinya @HaedarNs, kemarin, Rabu (7/6/2017).

Makanya itu, ia menyebut wahyu yang pertama turun kepada Nabi Muhammad SWA adalah Iqra', representasi Qur'an sebagai risalah yang erat kaitannya dengan proses yang menekankan pentingnya ilmu.

"Iqra' juga bermakna tafaqur, berpikir. Keseluruhan kegiatan berikir, dan nalar adalah iqra'. Nabi Muhammad SAW dimina membaca tetapi yang atas nama Allah. Jadi iqra' adalah ilmu yang profetik."

Menurutnya, iqra menjadi hal penting untuk sebuah pendidikan, khususnya di dalam menjalani prosesnya. Iqra juga bisa berperan dalam membentuk peradaban yang ada di muka bumi.

"Iqra' jadi hal yang penting dalam proses pendidikan yang membentuk peradaban. Islam telah jadi peradaban dunia melalui proses iqra'." (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version