View Full Version
Selasa, 11 Jul 2017

Adnin Armas: Rohis Dibutuhkan Para Siswa

JAKARTA (voa-islam.com), Peneliti muda pada Institute for Study of Islamic Thought and Civilization (INSISTS), Ustadz Adnin Armas menegaskan para pelajar sekolah memerlukan pendidikan kerohanian dalam menghadapi situasi zaman.

Seksi Kerohanian Islam (Rohis) memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan.

"Para siswa membutuhkan pendidikan spiritual di tengah era materialisme," katanya kepada voa-islam.com, Senin (10/7/2017).

Oleh karena itu, ia menyayangkan bila pejabat negara mengeluarkan pernyataan yang menyerang eksistensi Rohis.

"Kenapa malah siswa dijauhkan dari Rohis? Meminta Rohis diawasi akan menimbulkan kesan negatif, yang dapat menjauhkan siswa," kritiknya.

Sebelumnya, Menteri Agama mengeluarkan pernyataan untuk mengawasi Rohis. Statemen tersebut memancing kritik dari berbagai tokoh. salah satunya dari mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Ia menilai, pernyataan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin agar rohaniawan Islam (rohis) di sekolah diawasi tidak mendidik.

"Seharusnya Menteri Agama berterima kasih kepada para rohis di sekolah-sekolah yang selama ini berjasa dalam membina kerohanian siswa," ujarnya, Minggu (9/7).

Menurut Din, seharusnya, peran rohis di sekolah tidak dikesampingkan. Rohis di sekolah-sekolah tingkat menengah cukup berjasa dalam membina pemahaman keagamaan siswa sekaligus membentuk akhlak generasi muda.

Belakangan, Menteri Agama melakukan klarifikasi. Menurut Lukman, dirinya tidak meminta diawasi dengan pengertian mencurigai. Dia hanya menyampaikan bahwa kepala sekolah harus bisa memberikan perhatian lebih kepada rohis.

"Yang saya sampaikan adalah bagaimana kepala sekolah bisa memberi perhatian lebih kepada rohis. Hal ini dilakukan agar rohis bisa dilindungi dari pengaruh pengaruh negatif. Saya tidak meminta diawasi yang di dalamnya ada pengertian mencurigai," ujar Lukman dikutip dari Republika, Sabtu (9/7) kemarin. (bilal)


latestnews

View Full Version