View Full Version
Kamis, 10 Aug 2017

Penggunaan Cadar di Kampus, Ketua ICMI: Biarkan Saja, Itu Salah Satu Hindari Mata Setan

JAKARTA (voa-islam.com)- Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie mendukung penggunaan cadar di lingkungan kampus. Tetapi di samping itu ia juga mendukung adanya para pelaku yang memiliki pemikiran liberal.

Hal ini ia nyatakan, saat ada di salah satu kampus, atau bahkan di beberapa kampus yang melarang penggunaan cadar, juga ada yang mendukungnya. “Biarkan saja jika ada yang seperti itu. Tetapi juga biarkanlah ada yang liberal juga,” sampainya, Rabu (9/08/2017), di Jakarta.

Menurutnya, perbedaan itu adalah bagian dari keseimbangan dalam pergaulan di kehidupan (sosial). Pun bila ada yang melarang atau memperbolehkan, itu tergantung pihak kampus sendiri.

“Jika ada yang melarang, pindah saja ke kampus lain. Banyak tempat lain kan yang seperti itu. Lagipula itu kan check and balance. Dan di kampus itu sebetulnya tergantung pihak kampus atau rector sendiri,” terangnya.

Akan tetapi, Jimly mengatakan bahwa orang yang menggunakan sebaiknya tidak mengistimewakan diri. Sebab ada cara pandang lain yang mesti dihormati di tengan pluralnya negeri.

“Cadar itu memang baik. Itu adalah cara kita menghindari mata-mata setan. Tetapi jika iman kita sudah pakaian apapun tidak akan berpengaruh. Ini hanya soal cara pandang saja,” tutupnya. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version