View Full Version
Senin, 18 Dec 2017

Haedar Nashir: Aksi Bela Palestina untuk Lawan Neokolonialisme

JAKARTA (voa-islam.com)—Ahad (17/12/2017) kemarin, jutaan umat Islam dari berbagai golongan memadati kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat untuk mengikuti Aksi Bela Palestina.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan banyaknya umat yang hadir menandakan ada spirit yang sama dalam membela Palestina.

"Aksi Bela Palestina di Jakarta hari ini yang melibatkan seluruh elemen umat Islam dan warga bangsa maupun aksi-aksi serupa di seluruh Tanah Air dan mancanegara merupakan pesan kuat kepada dunia bahwa tidak boleh ada tindakan politik sewenang-wenang dari negara mana pun yang menduduki atau menetapkan satu kawasan sebagi wilayahnya seperti dilakukan Israel didukung AS, karena hal itu merupakan sikap politik ala kolonialisme," kata Haedar seperti dikutip dari laman resmi PP Muhammadiyah.

Di era dunia modern yang menjunjungtinggi demokrasi, kedaulatan negara-bangsa, dan prinsip-prinsip kemeredekaan serta hukum universal masih ada negara yang mau menduduki daerah atau kawasan lain yang bukan miliknya sungguhlah ironi.

"Itu namanya tragedi abad 21. Tidak boleh ada satu negara atau kekuatan mana pun yang sewenang-wenang mencaplok, menginvasi, mengagresi, dan menduduki negara atau wilayah lain," tegas Haedar.

Haedar melanjutkan, tidak boleh pihak mana pun mematikan hak-hak dasar rakyat yang berhak untuk hidup merdeka dan berdaulat seperti halnya bangsa Palestina yang puluhan tahun sejak 1948 dirampas kedaulatannya oleh rezim Zionis Israel yang mendirikan negara secara tidak sah dan mengusir bangsa setempat dengan dukungan negara-negara adidaya.

"Jika itu terus dilakukan maka dunia berarti membiarkan Neokolonialisme dan Neoimperialisme hadir di abad dunia modern. Semua harus bersatu melawannya," pungkas Haedar.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version