View Full Version
Selasa, 27 Feb 2018

[VIDEO] Milad ke 21, FLP Bangun Literasi Berkeadaban

SOLO (voa-islam.com)--Milad Forum Lingkar Pena (FLP) ke 21 digelar di Kota Solo. Perayaan milad dimeriahkan dengan menggelar Seminar Nasional bertajuk “Literasi Berkeadaban: Menguatkan Jati Diri Bangsa di Era Digital” di Aula Gedung F FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Ahad (25/2/2018).

Milad ke-21 sengaja digelar di Kota Solo sebab Solo merupakan salah satu kota yang menjadi tonggak literasi di Indonesia yaitu Solo.

Ketua Umum FLP, Afifah Afra mengatakan literasi merupakan hal penting dalam membangun Indonesia agar tumbuh menjadi bangsa yang unggul. Literasi juga menjadi faktor penting dalam mempertahankan karakteristik Indonesia sebagai bangsa yang beradap. 

“Era Digital membuat segala sesuatu mengglobal, batas-batas fisik maupun non-fisik melebur. Kekhasan hilang, padahal dengan kekhasan justru bangsa ini akan tumbuh menjadi bangsa yang unggul,” ujar Afra.

Afra menambahkan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan pengurus FLP tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Rencananya, literasi berkeadaban akan menjadi bagian dari materi dasar pelatihan kepenulisan dan kaderisasi anggota FLP.

"Sehingga literasi berkeadaban ini bukan hanya dalam tataran pengetahuan saja, tapi dalam tataran motorik," imbuhnya.

Acara Seminar Nasional ini menghadirkan Ketua Program Doktor Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun, Dr. Adian Husaini, M.A dan Ketua Dewan Pertimbangan FLP, M. Irfan Hidayatullah, M.Hum sebagai pembicara serta Ganjar Widhiyoga, Ph.D yang bertindak sebagai moderator. 

Dalam kegiatan itu pula, FLP akan Launching blogger FLP. Pada Milad ke 21 FLP juga melakukan penggalangan dana dari anggota untuk anak-anak pengidap HIV AIDS di Rumah Lentera, Solo.

Simak video Voa Islam TV

 

* [Aan/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version