View Full Version
Rabu, 11 Apr 2018

Afiliasi Islamic State Berusaha Perluas Pijakan di Provinsi Parwan Afghanistan

FARWAN, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Gubernur provinsi Parwan utara Fazaluddin Ayar telah memperingatkan mengenai upaya yang sedang berlangsung oleh kelompok afiliasi Islamic State (IS) untuk memperluas pijakan di provinsi tersebut.

Ayar memperingatkan tentang ancaman yang dihadapi provinsi itu saat ia berbicara dalam pertemuan pada hari Selasa (10/4/2018).

Dia mengatakan beberapa kalangan berusaha untuk membuka jalan bagi perluasan pijakan loyalis IS di provinsi Parwan tetapi dia tidak memberikan rincian lebih lanjut dalam hal ini.

Para loyalis dari kelompok afiliasi IS atau biasa disebut Islamic State Wilayat Khurasan (ISKP) saat ini aktif di beberapa bagian provinsi Jawzjan serta Faryba di Utara.

Ini datang ketika laporan muncul beberapa bulan sebelumnya yang menunjukkan bahwa beberapa tanda kegiatan IS juga telah terlihat di provinsi Balkh utara.

Namun, operasi kontra-terorisme termasuk serangan udara sedang berlangsung terhadap kelompok tersebut di Jawzjan, Faryab, dan bagian lain negara itu dan seorang pemimpin puncak ISKP tewas dalam operasi di provinsi Jawzjan beberapa hari lalu.

Komando Komponen Operasi Khusus NATO-Afghanistan dalam laporan sebelumnya menyatakan bahwa serangan udara AS menewaskan Qari Hikmatullah dan pengawalnya di distrik Bal Chiragh, Provinsi Faryab, Afghanistan, 5 April 2018. Pada saat kematiannya, Hikmatullah adalah komandan senior ISKP dan fasilitator utama pejuang ISKP ke Afghanistan utara. (st/kp)


latestnews

View Full Version