View Full Version
Kamis, 19 Apr 2018

Modus Serangan Amerika ke Suriah Disebut Mirip ketika Menyerang Irak

JAKARTA (voa-islam.com)- Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menilai kasus Suriah atas penyerangan yang dilakukan oleh Amerika mirip kasus dengan Irak. Ketika itu Amerika dan sekutunya menyerang Irak atas dugaan penggunaan zat kimia oleh pemerintahan Saddam Husein.

“AS dan sekutunya melakukan penyerangan ke Suriah, kami menilai itu mirip seperti yang dilakukan AS mencari mandat untuk menyerang Irak. Dengan tujuan yang sama, saat dilakukan investigasi ternyata tidak terbukti digunakannya zat kimia oleh rezim Saddam Husein saat itu,” katanya, belum lama ini, di gedung Muhammadiyah, Jakarta.

Selain itu menurutnya, Suriah merupakan satu-satunya negara yang jika dilihat dari keterkairan Arab Spring menjadikan Amerika mempunyai alasan kuat untuk menyerang. “Jadi yang sekarang terjadi, terutama jika kita kaitkan dengan Arab Spring, saya kira satu-satunya Presiden yang masih bertahan, ya, tinggal Assad.

Dan nampaknya AS tidak ada pilihan Assad itu digulingkan atau digantikan,” ia menambahkan.

Ia pun menyebut alasan (zat kimia) tersebut adalah salah satu alasan yang patut diduga untuk mencari dukungan. “Sehingga ada gejala dan fenomena di mana nampaknya AS ingin mencari mandat internasional  untuk melakukan serangan ke Suriah dengan alasan untuk selamatkan masyarakat dari penggunaan zat kimia itu. 

Tetapi apapun alasannya, serangan itu takkan selesaikan masalah,” katanya lagi. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version