View Full Version
Rabu, 13 Jun 2018

Siapapun Bisa Jadi Penghafal Quran, Ini Tipsnya

BEKASI (voa-islam.com)—Siapa pun bisa menjadi penghafal Quran. Tua-muda, pekerja, pensiunan mampu menghafal Quran. Hal ini dikatakan Ustaz Yusman Dawolo, pengasuh lembaga penghafal Quran Markaz Huffadz Bekasi, Jawa Barat.

“Iya semua bisa. Baik pelajar, pekerja, tua-muda. Asal ada kemauan insyaallah bisa menghafal Quran,” ujar Ustaz Yusman ketika ditemui Voa Islam, Selasa (12/6/2018)di Markaz Huffadz yang berlokasi di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Ustaz Yusman memberikan tips cara mudah menghafal Quran. Ia mengatakan bagi siapapun yang ingin menghafal Quran, maka harus menyediakan waktu rutin. “Kalau tidak ditetapkan waktunya, ya tidak bisa-bisa. Tidak hafal-hafal. Hanya sekadar angan-angan saja. Hanya sekadar keinginan saja. Tidak usah lama-lama, misalnya tetapkan satu jam sehari dengan target hafal satu ayat, dijamin kita mampu menghafal 30 juz,” ungkap Ustaz Yusman.

Lebih lanjut Ustaz Yusman mengatakan menghafal Quran tidak bisa sekaligus, perlu kontinuitas. “Menghafal Quran itu tidak bisa langsung 30 juz. Satu ayat satu ayat. Tidak bisa langsung diinstal di otak. Seperti kita makan, satu suap satu suap,” ujar Ustaz Yusman.

Markaz Huffadz, jelas Ustaz Yusman, selain memiliki program mukim dua tahun bagi para santri, juga ada program menghafal Quran bagi para pekerja.

“Kita ada program satu hari hafal satu juz. Setiap Sabtu misalnya. Atau ada program 30 hari bisa hafal 30 juz. Tidak ada metode yang terbaik selain mengulang-ulang hafalan, itu pun dilakukan di Markaz Huffadz. Ulang-ulanglah hafalan kita saat berkendara, bekerja dan lain sebagainya,” terang Ustaz Yusman.* [Syaf/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version