View Full Version
Kamis, 19 Jul 2018

Enam Tanda Orang Berakal Menurut Sahabat Abu Darda

BANDUNG (voa-islam.com) - Pakar sejarah Islam yang juga Pendiri Kuttab Al-Fatih Ustadz Budi Azhari menyampaikan enam tanda-tanda orang berakal menurut Sahabat Abu Darda RA. 

"Saya akan bacakan tanda-tanda orang yang memiliki akal menurut Sahabat yang mulia Abu Darda radiallahuanhu. Yang pertama tanda-tanda orang yang berakal menurut Abu Darda adalah tawadhu," katanya saat menjadi pembicara dalam kajian 'Mendidik Anak Berotak Brilian Tuntunan Rasulullaw SAW' pada Sabtu (14/07) di Masjid TSM Bandung.

"Tawadhu itu rendah hati terhadap mereka yang punya kelebihan baik kelebihan ekonomi, kedudukan atau lainnya," lanjutnya.

Tanda yang kedua lanjut Ustadz Budi adalah tidak meremehkan orang yang ada di bawahnya. Ketiga, orang yang berakal adalah dia yang selalu memegang keutamaan dalam setiap pembicaraannya, bahkan saat dia bergurau atau bercanda.

"Keempat, berinteraksi dengan manusia dengan akhlak baik dimana pun diberada. Kelima, dia memastikan di dalam setiap tindakannya selalu ada iman antara dia dengan Rabb-Nya," tutur pengisi acara 'Khalifah' di salah satu televisi nasional ini.

"Keenam, dia selalu berjalan di dunia ini dengan ketaqwaannya secara sembunyi. Ini yang sekarang ini kadang sulit dilakukan di antara kita. Ke mana-mana kita update status. Makan apa dibikin status. Padahal sudah lama saya sering ingatkan untuk tinggalkan itu semua, tinggalkan itu semua" tutupnya. [syahid/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version