View Full Version
Rabu, 25 Jul 2018

Ijtima Ulama Tak Rekomendasikan Nama Capres

JAKARTA (voa-islam.com), Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama), Ustadz Muhammad Yusuf Martak mengatakan Ijtima’ Ulama dan Tokoh Nasional tidak akan merekomendasikan nama Capres dan Cawapres, melainkan hanya menjelaskan kriteria pemimpin yang layak dipilih oleh umat Islam.

“Bahkan, Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional tidak mengarah pada satu calon, tapi mendengar aspirasi dan usulan dari para ulama dan tokoh nasional yang hadir, terutama terkait Pilpres dan Pileg,” katanya dalam Jumpa Pers di Jakarta, Senin lalu (23/7/2018).

Ijtima’ Ulama yang diselenggarakan 27-29 Juli 2018 mendatang di Jakarta, juga mengupayakan pertemuan dengan partai yang punya kepentingan umat Islam untuk membangun koalisi. Akan tetapi, bukan partai penista agama.

Oleh Karena itu, tokoh nasional yang diundang memiliki kesamaan visi-misi. Peserta Ijtima’ Ulama sendiri minimal setiap provinsi diwakili oleh dua orang.

"Jadi, sebetulnya bukan ormas-ormas Islam, tapi ada yang mewakili ormasnya masing-masing. Mengenai tempat, belum kita informasikan, yang jelas dilaksanakan di Jakarta. Untuk meliput acara ini nanti, para jurnalis muslim akan disediakan media center,” ungkap Yusuf.

Ketua Organizing Committe (0C) ust. M Nur Sukma menegaskan ruh acara Ijtima adalah mengokohkan persatuan. Secara keterwakilan panitia sudah mengupayakan maksimal agar ada keterwakilan ormas dan geografis.

"Kita usahakan setiap provinsi ada 2 orang keterwakilan.  Kita juga bentuk zona agar ada balancing jumlah penduduk dan suara, sedangkan dari seluruh tokoh dan undangan positif mengaku ada halangan hanya 8 orang dari ratusan yang disebar,"jelasnya. (bil/voa-islam)


latestnews

View Full Version