View Full Version
Kamis, 13 Jun 2019

Jangkau Daerah Terpencil, ANNAS Samarinda Bagikan 1000 Paket Makanan dan Minuman Bagi Korban Banjir

SAMARINDA, INDONESIA (voa-islam.com) - Intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Samarinda khususnya dalam beberapa hari terakhir setelah Idul Fitri telah menyebabkan sedikitnya 3 kecamatan di kota tersebut terendam banjir .

Tiga kecamatan, yaitu Samarinda Utara, Samarinda Ulu dan Sungai Pinang terendam air dengan ketinggian bervariasi mulai dari 25-100 cm menyebabkan akses lalu lintas terputus, kendaraan banyak mogok, hingga warga yang jatuh sakit.

Hingga Rabu (12/6/2019) banjir telah mengakibatkan sedikitnya 11.652 kepala keluarga (KK)/35.684 jiwa terdampak.

DPD ANNAS Kota Samarinda Tanggap Bencana

Sebagai wujud rasa peduli terhadap mereka yang terdampak banjir, sejak hari Senin 10 Juni 2019 DPD Aliansi Nasioanal Anti Syi'ah (ANNAS) Samarinda bekerja sama dengan Jamaah Ansyaru Syariah (JAS) & Front Pembela Islam (FPI) Samarinda dibantu mahasiswa pencinta alam dari beberapa universitas di kota itu mulai menyalurkan bantuan kepada korban banjir di wilayah tersebut.

Bantuan yang diberikan berupa makanan sudah siap saji (nasi bungkus/kotak), air mineral serta beberapa barang kebutuan lain yang sangat dibutukan para korban dan telah didistribusikan ke beberapa wilayah terdampak.

Umar Wirahadi, salah seorang anggota ANNAS yang ikut terjun langsung untuk menyalurkan bantuan mengatakan bahwa kerjasama serta dukungan dari berbagai pihak membuat mereka bisa menjangkau daerah terdampak banjir yang minim bantuan dengan menggunakan berbagai moda transportasi termasuk perahu karet, sampan dan motor trail.

"Untuk transportasi alhamdulillah ANNAS disuport dengan motor trail sumbangan oleh seorang donator pemilik bengkel trail di daerah Karang Asam, sehingga ANNAS dapat lebih masuk ke daerah yang sedikit dimasuki oleh relawan lain, katanya.

Bergabungnya beberapa komunitas mahasiwa pencinta alam dari beberapa universitas negeri di Samarnida juga menambah mobilitas mereka.

"Terlebih dengan bergabungnya beberapa mahasiswa pecinta alam dari Politeknik Negeri Samarinda (Polnes), Telnik Unmul, IAIN Samarinda, membuat ANNAS semakin bisa menjangkau daerah yang minim akan bantuan, pungkas pria yang akrab disapa Didi ini.

Hingga Rabu (12/06/2019) DPD ANNAS Kota Samarinda sudah membagikan lebih 1000 bungkus/kotak nasi dan air mineral.

Sementara itu, pengurus DPD ANNAS kota Samarinda Abu Ziya mengatakan mereka membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi para korban dan untuk keperluan berbagai hal selain juga menerima serta menyalurkan bantuan dari para donatur baik berupa bahan makanan, atau makanan yang sudah siap saji.

”Bantuan berupa bahan-bahan makanan akan dimasak didapur umum DPD ANNAS kota Samarinda sementara bantuan dalam bentuk uang tunai akan digunakan untuk membeli kebutuhan lain yang diperlukan para korban banjir seperti lotion anti nyamuk, lilin, air mineral dan obat-obatan serta barang-barang lainnya yang sangat diperlukan oleh korban banjir,” katanya.

Dia juga menimbau kepada mereka yan ingin membantu para korban banjir bisa menyalurkan bantuannya ke DPD ANNAS.

”Kepada para donatur yang ingin menyalurkan bantuannya baik dalam bentuk barang atau uang melalui DPD ANNAS kota Samarinda dapat langsung mengantar ke Sekretariat DPD ANNAS kota Samarinda Jl. Slamet Riyadi Gang Manunggal 6.

Tidak lupa Abu Ziya atas nama DPD ANNAS Kota Samarinda mengucapkan terima kasih atas semua bantuan yan diberikan oleh para donatur. ”Jazakallahu khairan katsiro atas segala bentuk infaq dan sedekah nya.. Semoga Allah memberi keberkahan atas infaq dan sedekah antum sekalian.”(ab/voi)


latestnews

View Full Version