View Full Version
Kamis, 06 Feb 2020

Tuntas Hafalan, 348 Santri SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Ikuti Ujian Terbuka Al-Qur'an

MALANG (voa-islam.com)--SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang menyelenggarakan 'Ujian Terbuka Al-Qur'an Marhalah III dan VI' , Sabtu-Ahad (1-2/2/2020).

Kepala Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri, Alimin Muhtar mengemukakan, ujian terbuka ini merupakan puncak dari rangkaian ujian Al-Qur'an yang diikuti para santri sejak sepekan sebelumnya.
 
"Hafalan mereka sudah tuntas seluruhnya. Disetor dan diuji dihadapan para ustadzah dalam munaqosyah selama empat hari," ujarnya.
 
Selain sebagai laporan kepada orangtua dan masyarakat, lanjut Alimin sapaan akrabnya, ujian terbuka ini dalam rangka tahadduts bin ni’mah. Berbagi kebahagiaan atas tuntasnya para santri menyelesaikan target hafalannya.
 
Bagi santri kelas reguler itu memiliki target hafalan Al-Qur'an minimal 3 juz. Sedangkan santri kelas tahfidz target hafalan Al-Qur'annya minimal 10 juz.
 
Berlangsung di Aula Raihanah dan Qodim, ujian terbuka yang ke-11 kalinya ini diikuti 187 santri kelas IX SMP dan 161 santri kelas XII SMA. 
 
Materi ujian meliputi tahfidz Qur’an dan  hadits Arbain Nawawi. Khusus santri kelas IX SMP diuji pula Grand MBA, sedangkan santri kelas XII diuji juga Qiro'atul Kutub.
 
Setiap santri tersebut diuji dihadapan para ustadzah, tamu undangan dan orang tuanya masing-masing. Para orang tua memilihkan soal dan membacakan untuk putrinya. Usai dibacakan, mereka lantas menjawabnya.

Suasana tegang, syahdu dan haru pun mewarnai prosesi ujian terbuka yang dimulai sejak pukul 07.30 sampai pukul 11.30 tersebut.* [Hery/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version