View Full Version
Kamis, 27 Feb 2020

Ustaz Bachtiar Nasir: Ekonomi Syariah Berkembang Jika Dakwah Tak Dihambat

PANGKAL PINANG (voa-islam.com)--Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Ustaz Bachtiar Nasir, berharap besar agar konsepsi ekonomi syariah atau ekonomi halal di Indonesia dapat berkembang. Kuncinya, gerakan dakwah umat jangan dihalang-halangi.

"Kedua konsep ekonomi umat tersebut tak akan berkembang jika dunia dakwah Islam tidak didukung pengembangannya oleh negara, atau bahkan justru dihambat," kata Ustaz Bahtiar, saat diwawancara, usai pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7, di Pangkal Pinang, Bangka, Rabu (26/2) malam.

Dia menegaskan, semua konsep dan strategi ekonomi syariah, ekonomi halal, juga kehidupan berbangsa lainnya, hanya bisa berkembang di Indonesia, ketika dunia dakwah berkembang dan tidak dihambat. Jika dakwah dihambat, mustahil kedua aspek ini terwujud.

“Ini harapan saya. Kita akan dukung negara ini, selama dakwah kami terus didukung oleh negara,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai kesibukannya pascapilpres yang jarang dijumpai media, Bachtiar justru menjawab ingin menghindari media. Dia ingin fokus melayani dan membina umat melalui gerakan dakwah.

“Saya sekarang justru lebih sibuk pasca Pemilu 2019 lalu. Karena, saya harus kembali terjun ke tengah-tengah masyarakat untuk terus melakukan pembinaan dan pencerdasan umat secara langsung,” ujarnya.

Mengenai arah dukungan politiknya saat ini, dengan santai dia menjawab bahwa Pemilu 2019 telah usai. Sehingga bangsa dan negara Indonesia harus tetap bergerak dan berjalan.

Tugasnya sebagai ulama di lapangan keumatan, lanjut alumi Ponpes Gontor ini, adalah bagaimana capaian-capaian umat Islam didukung oleh negara. “Dan kita akan bersama negara, selama hak-hak umat yang berkaitan dengan kebutuhan keadilan hukum dan keadilan sosial dilindungi oleh negara,” katanya.*


latestnews

View Full Version