View Full Version
Selasa, 18 May 2021

Peran Takmir Sangat Penting Tentukan Kualitas Kegiatan Masjid

JAKARTA (voa-islam.com)--Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, takmir masjid mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

"Takmir masjid berfungsi sangat penting, berperan sangat sentral. Karena kegiatan di masjid-masjid kita ditentukan oleh para takmir," kata Kamaruddin di Jakarta, Senin (17/5/2021).

Diantara peran takmir lanjut Kamaruddin yaitu, menentukan penceramah agama dalam setiap kegiatan masjid. Mulai dari khotbah Jumat hingga kegiatan lainnya.

"Peran takmir sangat menentukan dalam memilih penceramah, dalam memilih tema ceramah dan juga mewarnai aktifitas agama di masjid," ujar Kamaruddin.

Kamaruddin menambahkan, agar kegiatan di masjid bermutu maka kualitas literasi agama takmir perlu ditingkatkan. Semakin berkualitas pengetahuan agama takmir masjid, maka kegiatan-kegiatan agama untuk masyarakat akan semakin baik.

Sebagai informasi, Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) awal Maret lalu, telah meluncurkan Elektronik Literasi Pustaka Keagamaan Islam (ELIPSKI) untuk mempermudah akses masyarakat termasuk takmir masjid dalam mencari referensi buku-buku umum keagamaan secara digital.

Dengan menjadikan masjid sebagai pusat literasi keagamaan, ELIPSKI akan mengacu pada literatur yang sudah diterbitkan oleh Ditjen Bimas Islam, baik berbentuk digital maupun dalam bentuk buku fisik yang ada di perpustakaan masjid dan musala.*

Sumber: Bimas Islam


latestnews

View Full Version