View Full Version
Jum'at, 21 May 2021

Cegah Perceraian, KUA Umbulharjo Optimalkan Program Pusaka Sakinah

YOGYAKARTA (voa-islam.com)--Semangat edukasi untuk mencegah perceraian di Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, menjadi prinsip yang dilakukan oleh KUA Umbulharjo. Sejalan dengan prinsip tersebut, KUA Umbulharjo mengoptimalkan program Pusaka Sakinah atau Pusat Layanan Keluarga Sakinah.

Kepala KUA Umbulharjo, Handdri Kusuma mengatakan, program tersebut diselenggarakan hingga ke tengah masyarakat dengan memberdayakan relawan yang ada di setiap RW. Dalam realisasi kerjanya, kata dia, relawan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan taklim dan pengajian yang rutin digelar di masyarakat.

“Layanan Pusaka Sakinah berjalan hingga RW mampu memperkecil potensi perceraian. Menurut catatan kami, sudah ada 4 kasus perceraian yang berhasil dicegah dalam jangka waktu 2 bulan ini,” ujar Handdri di Umbulharjo, Kamis (20/5).

Dalam meminimalisir perceraian, Handdri menegaskan, pihaknya melakukan pemetaan permasalahan terlebih dahulu mengenai penyebab perselisihan. “Kemudian kami panggil pasangan tersebut untuk mengikuti konseling sendiri-sendiri. Setelah itu kami upayakan mediasi pada pasangan yang sedang berselisih,” tuturnya.

Dari pemetaan masalah dan pendampingan terhadap pasangan yang mengajukan gugatan cerai, KUA Umbulharjo menyimpulkan faktor ekonomi menjadi penyebab utama dalam perselisihan rumah tangga. Kemudiaan disusul faktor kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan selanjutnya faktor keterlibatan pihak ketiga.

“Keterlibatan pihak ketiga sebagai penyebab perselisihan rumah tangga ini setelah dilakukan kajian, ternyata bukan hanya karena faktor selingkuh saja, tapi faktor keterlibatan orang tua atau keluarga mertua,” ungkapnya.

Ke depan, Handdri menegaskan, pihaknya akan berupaya maksimal demi mewujudkan keluarga sakinah di wilayah Umbulharjo. Selain itu, ia juga menegaskan akan melakukan pendampingan hingga melakukan kunjungan ke rumah pasangan demi meminimalisir perceraian.

Sumber: Bimas Islam


latestnews

View Full Version