View Full Version
Rabu, 01 Dec 2021

Siapkan Kader, PP PERSIS Bekali Kafilah Du'at Angkatan XI

MAJALENGKA (voa-islam.com) - Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP PERSIS) kembali akan menyebarkan Kafilah Du'at ke berbagai pelosok Indonesia. 

Setiap tahunnya, PP PERSIS rutin menyelenggarakan pembekalan sebagai upaya penyiapan kader da'i. Kali ini telah digelar kegiatan pembekalan Kafilah Du'at untuk angkatan XI, yang bertempat di Majalengka pada Jumat-Ahad (26-28/11). 

Angkatan XI ini diisi oleh 21 da'i yang siap diberangkatkan, dan akan ditempatkan di 13 lokasi Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. 

Kegiatan ini dilaksanakan supaya dai mampu memahami visi misi jam'yyah PERSIS dan mengenal kondisi di daerah tempat para dai tersebut akan mengabdi. 

Acara dibuka oleh Bidgar Pengembangan Dakwah dan Kajian Pemikiran Islam (PDKPI) Ustaz Deni Solehudin, M.Si. Ia menyampaikan bahwa sebagai organisasi dakwah, PERSIS sudah memulai tradisi dakwah ke pelosok-pelosok sejak era para tokoh terdahulu. 

"Jadi hari ini kita melakukan pengabdian di daerah untuk melanjutkan estafet perjuangan dakwah para pendahulu kita, dan tantangannya lebih mudah dibandingkan zaman dulu," terangnya lansir persis.or.id

Acara dimulai dengan sharing alumni Kafilah Du'at sebelumnya, sehingga peserta pembekalan bisa menyiapkan diri untuk tugas pengabdian yang akan dilaksanakan selama satu tahun tersebut. 

Para da'i alan dibekali oleh 10 materi yang berkaitan dengan kejamiyyahan selama kegiatan pembekalan berlangsung. Di antara materi yang disampaikan adalah sharing alumni Kafilah Duat, visi misi jamiyyah Persatuan Islam, problematika dakwah dan perkembangannya. 

Ada juga arah kebijakan PP PERSIS, manajemen masjid, manajemen madrasah, kristologi lapangan, program kemitraan PZU Pusat, fiqh dakwah PERSIS dan metodologi istinbath Dewan Hisbah PERSIS, dan terakhir pemetaan Kafilah Duat.  

Untuk pengabdian satu tahun, kata dia, waktu pembekalan memang terasa singkat. Akan tetapi, pembekalan yang dilaksanakan oleh Bidang Dakwah PP PERSIS ini lebih kepada pendekatan dan pengenalan secara internal peserta Kafilah Duat terhadap jamiyyah PERSIS. 

"Sementara untuk bekal ilmu, para da'i adalah alumni dari STAI PERSIS Garut, yang sudah menyelesaikan jenjang Pendidikan S-1-nya, dan telah diwisuda," tandasnya.


latestnews

View Full Version