View Full Version
Ahad, 18 Sep 2022

Orang Tua Sebaiknya Mengajak Putra-Putrinya Menjadi Pengemban Dakwah

DEPOK (voa-islam.com)--Di hadapan sekitar 180 Muslimah se Depok, Aktivis Founder Komunitas Ibu Hebat, Penulis Buku dan Pengisi Cinta Qur'an TV,  Ustazah Ir. Hj. Dini Sumaryanti menyatakan orang tua sebaiknya mengajak putra-putrinya untuk menjadi pengemban dakwah. 
 
"Keluarga Muslim sepatutnya mengajak putra-putri mereka untuk berdakwah dengan tetap memiliki cita-cita setinggi langit dan orang tua sebaiknya mengajak putra-putrinya untuk menjadi pengemban dakwah," ungkapnya dalam Kajian Muslimah Perindu Surga: “Me & Mom Go To Jannah”, Ahad, (11/9/2022) di Aula Masjid At-Thohir Tapos, Depok.
 
Lanjutnya, "Dengan aktivitas berdakwah maka telah melakukan amar ma'ruf nahi munkar, sehingga akan mewujudkan umat terbaik (khairu ummah), sesuai janji Allah yang tercantum dalam Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 110."
 
"Tidak memiliki ilmu serta tidak dapat berkomunikasimdengan anak adalah dua hal yang sering dialami oleh orang tua Muslim dan menjadi kendala dalam mengasuh anak-anak mereka. Dengan tidak memiliki ilmu, biasanya orang tua cenderung tidak handal dalam mengendalikan emosi mengakibatkan buruknya komunikasi dalam keluarga. Saat ini banyak dijumpai orang tua tidak mengenal karakter anak-anak mereka serta tidak pandai juga dalam berkomunikasi," bebernya.
 
Menurutnya, hal tersebut berpeluang menghambat aktivitas dakwah sebagai poros utama keluarga Muslim. "Maka dapat disimpulkan solusi beragam masalah keluarga, khususnya ibu dan anak pada saat ini adalah komunikasi dan ilmu," terangnya.
 
Tak hanya itu, menurutnya, harapan seluruh keluarga tentunya adalah kebahagiaan. Indikator kebahagiaan keluarga Muslim sebagai umat terbaik (khairu ummah) adalah akidah Islam, Al Qur'an dan as Sunnah, aulawiyat, kuasai bahasa Arab dan bahasa Inggris, kuasai sains dan teknologi, kuasai minimal satu cabang olahraga serta kuasai keterampilan menulis.
 
Lamjutnya, "Dengan membahagiakan sang ibu terlebih dahulu akan tercipta kebahagiaan keluarga dengan senyum, syukur dan sukses."
 
Ia pun mengajak para peserta untuk melakukan upaya-upaya dalam rangka meraih kebahagiaan keluarga. "Rasulullah telah mengajarkan kita untuk mengguyur cinta di keluarga dengan beberapa cara, yaitu, senyum, katakan cinta, saling memuliakan dan mendoakan, memberi hadiah serta selalu mengatakan tiga kata ajaib (tolong, maaf dan terimakasih)," jelasnya.
 
"Dengan pembiasaan aktivitas dakwah kepada anak sedari dini disertai upaya-upaya mengguyur cinta ala Rasul di dalam keluarga umat Islam, semoga janji Allah akan khairu ummah (kaum Muslim menjadi umat terbaik) di dunia ini segera terwujud," pungkasnya.* [Sandhi Indrati/voa-islam.com]
 

latestnews

View Full Version