View Full Version
Rabu, 06 Sep 2023

Jakarta Islamic Centre Gelar Festival Pendidikan Islam



JAKARTA (voa-islam.com) - Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) atau Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar Jakarta Islamic Education Festival (JIEF) 2023 pada Selasa-Rabu, 5-6 September 2023.

Kegiatan bertema “Menuju Pendidikan Islam Berkarakter dan Membangun Peradaban” itu dibuka oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali pada Selasa (5/9/2023) pagi di Convention Hall JIC, Koja, Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Marullah mengungkapkan pentingnya pendidikan bagi setiap manusia. “Manusia akan mendapat peningkatan derajat yang lebih tinggi dari yang capaian pendidikannya di bawah,” ungkap Marullah.

Marullah juga menyampaikan pentingnya pendidikan karakter dalam membangun sebuat kota. Ia menyebutkan Jakarta meski tidak lagi menjadi ibu kota negara, tetapi Jakarta dapat disetarakan dengan kota-kota maju di dunia.

“Jakarta akan disetarakan dengan kota-kota maju di dunia internasional. Kita akan bersaing bukan dengan Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makasar atau Denpasar. Jakarta harus bersaing dengan kota-kota besar di sekitaran Indonesia di seluruh dunia. Itu butuh orang-orang yang punya pendidikan berkarakter,” ujar Marullah.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan PPIJ KH M Nasir Zein menyebutkan kegiatan JIEF 2023 berbentuk pameran pendidikan, talk show, maupun perlombaan untuk tingkat SD hingga SMA. Untuk pameran diikuti 23 lembaga pendidikan di Jakarta dan sekitarnya.

Sejumlah narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan JIEF 2023 ini antara lain pakar pendidikan Prof. Arief Rachman, Wakil Ketua PPIJ KH Didi Supandi, KH M Subki, KH M Nasir Zein, Firdiansyah, Annisa Theresia (There), dan Marsha Cikita Fawzi.

Menurut Marullah, kegiatan JIEF 2023 dimaksudkan untuk mendorong terwujudnya generasi Islam yang kokoh, memiliki spirit peradaban, membangun pendidikan Islam berkualitas dan bermartabat, serta memfasilitasi santri dan pelajar dalam memilih lembaga pendidikan Islam yang baik.*


latestnews

View Full Version