View Full Version
Rabu, 26 May 2010

Perencana Serangan-serangan Bom di Afghanistan Tertangkap

KABUL (voa-islam.com): Badan intelijen utama Afghanistan telah menahan kelompok Taliban yang mengatakan berada di balik serangkaian serangan bom bunuh diri yang mematikan di ibu kota, termasuk serangan pekan lalu yang menewaskan 20 orang, di antara mereka enam petugas asing.

Pemimpin kelompok itu, Eide Gul, telah mengaku merancang serangan-serangan dari Pakistan, kata badan intelijen itu dalam pernyataannya Selasa (25/5).

Tujuh orang yang ditahan telah merancang delapan serangan bom terhadap target asing dan Afghanistan di Kabul, sejak tahun lalu.

Sejumlah orang tewas atau cedera dalam serangan-serangan itu, katanya.

Setelah digulingkan dari kekuasaan oleh serangan yang dipimpin Amerika Serikat pada 2001, Taliban telah muncul kembali dalam beberapa tahun terakhir ini, dan secara teratur melakukan serangan bom terhadap pasukan Afghanistan dan asing yang dipimpin NAT0 dan militer AS.

Dalam rangka memukul balik serangan gerilyawan, Presiden AS Barack Obama tahun lalu memerintahkan untuk memberangkatkan sekitar 30.000 tentara, yang saat ini berjumlah sekitar 140.000 orang di Afghanistan.

[za/eb]


latestnews

View Full Version