View Full Version
Senin, 11 Jun 2012

Demi Kesehatan, Taliban Bersedia Bantu Vaksinasi Anti Polio Pemerintah Afghanistan

JALALABAD, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Demi menolong anak-anak dari terhindar penyakit Polio, kelompok pejuang Islam Taliban ikut berpartisipasi membantu menyukseskan program vaksinasi anti Polio yang dikampanyekan pemerintah Afghanistan di wilayah-wilayah yang mereka kuasai.

Para pejabat kesehatan masyarakat di bagian timur provinsi Nangarhar mengatakan hari Ahad (10/6/2012) bahwa Taliban telah berjanji untuk membantu kampanye vaksinasi anti polio di distrik Narai provinsi Kunar dan kota Kamdesh dari Nuristan.

Gubernur Gul Agha Sherzai dan Direktur Kesehatan Masyarakat Dr Baz Mohammad Sherzad meluncurkan vaksinasi tiga hari dengan pemberian tetes polio untuk anak di bawah usia lima tahun di Jalalabad.

Hampir 5.700 relawan akan memberikan tetes polio untuk 830.000 anak-anak. Sherzad mengatakan 17 kasus polio telah didaftarkan di seluruh daerah tahun ini tetapi tidak ada kasus positif ditemukan di provinsi-provinsi wilayah timur sejauh ini.

Berdasarkan perjanjian dengan Taliban, kampanye tersebut akan memberikan tetes polio kepada anak-anak di masjid-masjid, sekolah-sekolah dan daerah lainnya yang ditunjuk. Sherzad mengatakan para pejuang Islam telah diminta melalui para tetua suku untuk membantu menjalankan program vaksinasi polio di daerah yang dikuasai mereka.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan mereka mendukung inisiatif tersebut karena membantu melindungi anak-anak Afghanistan dari polio dan kelompok pejuang Islam Afghanistan tersebut juga meyakinkan untuk menyediakan fasilitas bagi para petugas kesehatan di seluruh negeri.

Selain itu, dia juga menyalahkan para petugas kesehatan di beberapa daerah tidak aman di provinsi selatan Helmand karena tidak mau memberikan hak vaksinasi polio anak-anak di wilayah itu. (by/pjhk)


latestnews

View Full Version