View Full Version
Jum'at, 17 Jan 2014

Taliban Yakin Kalahkan Pasukan NATO di Afghanistan

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok mujahidin Taliban percaya diri dapat kembali ke kekuasaan di Afghanistan terlebih setelah penarikan pasukan koalisi NATO dari negara tersebut.

Juru bicara kelompok Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan kepada BBC bahwa kelompok tersebut adalah "yakin menang" atas pasukan pimpinan NATO di Afghanistan.

Zabiullah Mujahid lebih lanjut menambahkan bahwa Taliban mengendalikan daerah yang luas dari negara tersebut dan operasi-operasi dari pasukan NATO terbatas dalam sekitar basis mereka hanya karena mereka takut untuk meninggalkan basis mereka.

Pernyataan ini datang ketika kepala militer Inggris Jenderal Sir peter Wall memperingatkan pada bulan Desember tahun lalu bahwa mujahidin Taliban bisa merebut kembali beberapa wilayah di Afghanistan selatan ketika pasukan koalisi meninggalkan negara itu.

Sementara itu, Mujahid mengatakan Afghanistan selalu mengalahkan para penjajahnya,  melihat kembali ke dalam sejarah Afghanistan. "Kami yakin mereka akan dikalahkan," kata Mujahid kepada BBC.

Dia berkata, "di daerah-daerah terpencil, di mana-mana Mujahidin Taliban. Mereka bergerak di sekitar dan memiliki kendali atas pedesaan. Pasukan asing ... begitu takut, mereka terbatas hanya pada pangkalan-pangkalan mereka."

Dalam hal pemilihan presiden mendatang, Mujahid mengatakan itu adalah "proses palsu" dan Taliban tidak memiliki "hubungan" dengan salah satu kandidat. (st/kp)


latestnews

View Full Version