View Full Version
Senin, 15 Apr 2019

Taliban Luncurkan Serangan dari Berbagai Arah di Kota Kunduz Afghanistan

KABUL (voa-islam.com) - Taliban melancarkan serangan terbaru Sabtu pagi lalu di kota utara Kunduz, yang sempat jatuh ke tangan mereka pada 2015 dan sejak itu telah diserang beberapa kali.

Mohammad Yusouf Ayubi, kepala dewan provinsi di Kunduz, mengatakan setidaknya enam orang tewas dan lebih dari 50 lainnya cedera ketika Taliban menyerang dari berbagai arah tepat setelah tengah malam.

Dia mengatakan ratusan orang meninggalkan rumah mereka ketika suara tembakan dan ledakan bergema dari pinggiran kota.

Kota utara Kunduz terletak di persimpangan strategis di jantung kawasan pertanian utama, dengan akses mudah ke banyak wilayah utara Afghanistan dan juga ibukota, Kabul.

Taliban menguasai Kunduz selama sekitar dua minggu pada tahun 2015 sebelum menarik diri dalam menghadapi serangan Afghanistan yang didukung NATO. Para pejuang itu mendorong ke pusat kota setahun kemudian, walaupun akhirnya secara bertahap didorong keluar.

Taliban secara efektif mengendalikan hampir separuh Afghanistan dan terus melancarkan serangan harian terhadap pasukan keamanan kendati mengadakan putaran pembicaraan damai dengan Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir.

Taliban menyatakan awal serangan musim semi tahunan mereka pada hari Jumat, tetapi pengumuman itu tidak memiliki arti karena para pejuang telah berhasil menjaga tempo serangan yang stabil bahkan selama bulan-bulan musim dingin yang keras dalam beberapa tahun terakhir.[ap/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version