View Full Version
Kamis, 18 Mar 2010

Paus Hanya Kirim Surat untuk Atasi Pelecehan Seks Anak di Gereja-Gereja

VATIKAN (voa-islam.com): Paus Benediktus yang sedang menghadapi meluasnya skandal pelecehan seksual terhadap anak oleh para pastor di Gereja Katolik Roma  Rabu (17/3) mengatakan ia berharap suratnya mengenai masalah itu akan "membantu pertobatan, penyembuhan dan pembersihan diri."

Paus Benediktus, yang berbicara dalam bahasa Inggris untuk para peziarah dan wisatawan di Bundaran St. Peter di Vatikan, mengumumkan bahwa pada Jumat (19/3) ia akan menandatangani surat pastoral yang telah lama ditunggu menyangkut kasus paedofilia di Irlandia.

Surat itu diperkirakan akan dipublikasikan pada Jumat atau Sabtu depan, kata sumber di Vatikan.

"Sebagaimana anda tahu, dalam beberapa bulan ini Gereja di Irlandia sangat terguncang akibat krisis pelecehan seksual terhadap anak-anak. Sebagai tanda keprihatinan saya yang dalam, saya telah menulis sepucuk surat pastoral yang bakal dapat memulihkan situasi yang menyakitkan ini," katanya.

"Saya minta anda semua untuk membacanya untuk anda sendiri, dengan hati yang lapang dan dengan spirit keyakinan. Harapan saya adalah bahwa hal itu akan membantu proses pertobatan, penyembuhan dan pembersihan diri," ujar Paus Benediktus.

Surat itu untuk rakyat Irlandia, yang merupakan pertama kali surat dari seorang Paus dicurahkan secara eksklusif terhadap kasus paedofilia, menyusul laporan yang menyudutkan pemerintah menyangkut pelecehan terhadap anak oleh pendeta di keuskupan Dublin.

Laporan Murphy, yang dipublikasikan pada November mengungkapkan bahwa Gereja di Irlandia "secara jelas" mendiamkan kasus pelecehan anak di keuskupan Dublin dari tahun 1975 hingga 2004, dan menerapkan kebijakan "jangan bertanya, jangan mengatakan."

Meskipun surat Paus Benediktus itu akan dikirimkan kepada rakyat Irlandia, namun diperkirakan surat itu akan menyinggung pula tentang dampak skandal paedofilia di sejumlah negara Eropa, termasuk Jerman, negara asal Paus Benediktus.

Setelah terungkap pelecehan seksual di gereja-gereja Irlandia, Belanda, Suriname  dan terakhir di Brazil, dimana lagi kira-kira akan terungkap? Apakah di Indonesia juga? [zak/EB]

 

Baca berita terkait:

  1. Akhirnya Paus Minta Maaf kepada Korban Pelecehan Seks Pastor di Irlandia
  2. Paus Hanya Kirim Surat untuk Atasi Pelecehan Seks Anak di Gereja-Gereja
  3. Pelecehan Seks di Gereja Belanda Sudah Terjadi Sangat Lama Sekali
  4. Dosa-dosa Seksual Para Pastor di Gereja Katolik Roma
  5. Giliran Denmark Akan Bongkar Skandal Seksual Pastor di Gereja Katolik
  6. Gereja Katolik Minta Maaf atas Wabah Pelecehan Seksual Pastur terhadap Anak-anak.
  7. Dituduh Pedofilia, Dua Uskup Mundur di Irlandia.
  8. Soal Skandal Seks Gereja Katolik: Tangkap dan Adili Paus Benediktus!

latestnews

View Full Version