View Full Version
Kamis, 11 Jan 2024

4 Kewajiban Kita Terhadap Penduduk Gaza

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Bangsa penjajah Israel meluluh lantahkan Gaza – Palestina dengan bom, rudal, dan senjata pemusnah masal lainnya. Lebih dari tiga bulan pembantaian dan pembunuhan masal dipertontonkan di hadapan mata dunia. Puluhan ribu rakyat Gaza telah gugur dalam penyerangan tersebut. Ratusan ribu lainnya mengungsi dengan ancaman kelaparan.

Syaikh Wahid Abdus Salam Baali hafidzahullah menjelaskan 4 kewajiban kaum muslimin secara umum terrhadap penduduk Gaza yang sedang menderita karena invasi militer Zionis Israel.

Pertama, membantu mereka dengan segala yang bisa kita lakukan baik dengan harta dan lainnya.

Kedua, mendoakan mereka, karena doa adalah senjata yang selalu dimiliki setiap muslim dan selalu berlaku. Diriwayatkan dalam Sunan al-Nasai dengan sanad Shahih, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِنما ينصرُ اللهُ هذه الأمةَ بضعيفِها بدعوتِهم وصلاتِهم وإخلاصِهم

Sesungguhnya Allah menolong umat ini dengan orang lemahnya, dengan doa mereka, shalat mereka, dan keikhlasan mereka."

Ketiga, memberitakan fakta permasalahan mereka yang sebenarnya. Karena musuh senantiasa  membuat berita buruk (faraming negatif) tentang penduduk Gaza. Zionis menyebut penduduk Gaza sebagai teroris lalu memeranginya. Hakikat yang sesungguhnya adalah Yahudi sebagai penjajah yang merampas tanah Palestina, merusak kehormatan tanah Palestina dan membantai penduduknya. Zionis adalah penjahat.

Keempat, menyebarkan berita saudara-saudara kita di Gaza melalui media sosial dan menjelaskan bahwa penduduk gaza terzalimi.

Yakinlah bahwa para mujahidin yang akan memenangkan pertempuran ini. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

وَإِنَّ جُندَنَا لَهُمُ الْغَالِبُونَ

Dan sesungguhnya tentara kami itu lah yang pasti menang.” (QS. Al-Shaaffaat: 173)

Janganlah berkecil hati (ciut) atas besarnya jumlah musuh dan kehebatan mereka. Wallahu a’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version