View Full Version
Jum'at, 23 Nov 2012

'Asyura Tahun Ini Jatuh Hari Sabtu,Ada Larangan Puasa Pada Hari Sabtu

Assalamu 'Alaikum Wr. Wb.

Ustad, besok (Sabtu) 10 Muharram boleh puasa tidak? Karena ada larangan puasa hari Sabtu. Jazakallahu Khaira.

085718996***

___________________________________________________________

Oleh: Badrul Tamam

Wa'alaikum Salam Wr. Wb.

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam teruntuk Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasalla, keluarga dan para sahabatnya.

Untuk tahun ini (1434 H) 10 Muharram jatuh pada hari Sabtu besok, bertepatan 24 November 2012 M. Disyariatkan puasa padanya dan sehari sebelumnya. Baca: Hukum Dan Hikmah Puasa Tasu'a.

Terdapat hadits yang melarang puasa pada hari Sabtu. Hanya saja para ulama berbeda pendapat dalam menilai keshahihannya. Jikapun itu diterima maka maksudnya adalah menghususkan hari Sabtu untuk berpuasa sunnah, dan ia berpuasa di hari itu saja. Karena menghususkan puasa pada hari Sabtu menyerupai puasa orang Yahudi.

Sedangkan berpuasa pada hari Sabtu yang bertepatan dengan puasa-puasa di hari yang disyari'atkan, seperti puasa Ayyamul Bidh, hari 'Arafah, hari 'Asyura,  dan puasa-puasa sunnah selainnya; tidak dilarang. Karena ia tidak berpuasa padanya karena ia hari Sabtu, tetapi karena ia termasuk hari-hari yang disyari'atkan puasa di dalamnya.

Jadi bagi yang ingin berpuasa pada 'Asyura saja (tanpa mengawalinya dengan puasa hari Tasu'a) maka puasa sah dan mendapatkan apa yang dijanjikan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Ia tidak termasuk yang mengerjakan larangan puasa pada hari Sabtu saja, karena puasanya pada hari tersebut karena ia 'Asyura.  Wallahu Ta'ala A'lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version