View Full Version
Senin, 21 Sep 2015

Menggabungkan Qadha' Ramadhan dengan Puasa Sunnah Awal Dzulhijjah

Soal:

Assalamu 'Alaikum Warahmatullah. . . Pak Ustadz, Bolehkah menggabungkan niat puasa antara qadha’ puasa Ramadhan dengan puasa sunnah bulan Dzulhijah ini?

0896-2333-2451

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah . . .

Menggabungkan niat amal wajib dan niat sunnah dalam satu pelaksanaan amal sudah menjadi perbincangan para ulama. Kesimpulannya, siapa berniat mengerjakan amal sunnah tidak mencukupkan yang wajib. Misal, seseorang berniat puasa ‘Arafah maka tidak mencukupkannya dari qadha’ Ramadhan. Sebaliknya, siapa berpuasa Ramadhan pada hari ‘Arafah maka sah qadha’nya dan berharap dia mendapatkan pahala puasa ‘Arafah juga; menurut keterangan sebagian ulama.

Syaikh Ibnu Utsaimin dalam Fatawa Shiyam (438) berkata,

من صام يومعرفة ، أو يوم عاشوراء وعليه قضاء من رمضان فصيامه صحيح ، لكن لو نوى أنيصوم هذا اليوم عن قضاءرمضان حصل له الأجران: أجر يوم عرفة ، وأجر يوم عاشوراء مع أجر القضاء ، هذا بالنسبة لصوم التطوع المطلق الذي لا يرتبط برمضان ، أما صيام ستة أيام من شوال فإنها مرتبطة برمضان ولا تكون إلا بعد قضائه ، فلو صامها قبل القضاء لم يحصل على أجرها ، لقول النبي صلى الله عليه وسلم : ( من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر) ومعلوم أن من عليه قضاء فإنه لا يعد صائماً رمضان حتى يكمل القضاء

“Siapa berpuasa ‘Arafah atau puasa ‘Asyura sedangkan dirinya masih punya hutang puasa Ramadhan maka puasanya sah. Tetapi kalau dia berniat berpuasa hari ini sebagai qadha’ Ramadhan maka dia mendapatkan dua pahala; pahala hari ‘Arafah dan pahala puasa ‘Asyura bersama pahala qadha’. Ini terhadap puasa sunnah mutlak yang tak ada kaitannya dengan Ramadhan. Adapun puasa 6 hari di bulan Syawal itu terikat dengan Ramadhan; maka tidak boleh kecuali setelah mengqadha’ Ramadhan. Kalau dia mengerjakannya sebelum qadha’ maka ia tidak mendapat pahalanya, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, “Siapa puasa Ramadhan lalu diikuti 6 hari di bulan Syawal, maka seolah-olah ia berpuasa sepanjang tahun”. Dan sudah maklum, siapa punya hutang puasa, ia tidak terhitung telah berpuasa Ramadhan sehingga menunaikan Qadha’nya.”

Kembali ke pertanyaan, Jika maskud penanya, puasa qadha yang dikerjakan di awal Dzulhijjah apakah mendapat tambahan keutamaan? Jawabnya, ya. Karena dirinya telah mengisi kumpulan hari terbaik yang amal shalih di dalamnya sangat dicintai Allah dengan salah satu amal shalih yang utama; dalam hal ini shiyam.

Yang paling utama, dia segerakan bayar hutang puasa (Qadha’) kemudian berpuasa sunnah di hari-hari yang ditentukan syariat dengan berdiri sendiri. Namun jika waktu mepet, dia berpuasa di hari-hari utama itu dengan niat Qadha’; sambil berharap mendapatkan pahala puasa sunnah di awal Dzulhijjah dan puasa ‘Arafah; karena karunia Allah itu luas. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

* Dijawab oleh Badrul Tamam.

* Sampaikan pertanyaan Anda ke [email protected] atau ke 087781227881 (WA/SMS/telp)


latestnews

View Full Version