View Full Version
Selasa, 26 Sep 2017

Dosa Murtad Masih Bisa Diampuni?

Soal:

Asalamu ‘Alaikum, saya ingin bertanya, dari Islam masuk kristen apakah dosanya bisa diampuni ?

0823-9063-****

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah... Alhamdulillah. Shalawat dan salam atas Rasulillah, keluarga dan para sahabatnya.

Seorang muslim yang keluar dari Islam –secara total- dan berpindah ke agama selain Islam seperti Kristen, Yahudi, Buda, Hindu, dan lainnya dengan sengaja disebut murtad. Salah satu dosa besar yang paling besar yang membatalkan keimanan dan menghapuskan seluruh amal shalih.

Allah Ta'ala menjelaskan tentang nasib orang murtad di dunia dan akhirat,

وَمَنْ يَرْتَدِدْ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُولَئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآَخِرَةِ وَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Barang siapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 217)

Di sini, Allah Ta’ala menjelaskan bahwa mati di atas kemurtadan menghapuskan seluruh amal shalih di dunia dan akhirat, serta mengakibatkan kekal di dalam Neraka.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بَعْدَ إِيمَانِهِمْ ثُمَّ ازْدَادُوا كُفْرًا لَنْ تُقْبَلَ تَوْبَتُهُمْ وَأُولَئِكَ هُمُ الضَّالُّونَ

"Sesungguhnya orang-orang kafir sesudah beriman, kemudian bertambah kekafirannya, sekali-kali tidak akan diterima tobatnya; dan mereka itulah orang-orang yang sesat." (QS. Ali Imran: 90)

Siapa yang kafir setelah sebelumnya beriman dan terus-terusan kafir dan tidak mau bertaubat sampai datang kematian, maka sekali-kali Allah tidak akan menerima taubatnya ketika ajal menjemputnya.

[Baca: Musibah Besar! Muslimah Murtad Supaya Dinikahi Pemuda Kafir]

Jika ia bertaubat di kemudian hari. Kembali menjadi muslim. Maka diampuni semua dosanya dan dikembalikan lagi pahala amal-amal shalih yang dulu pernah dikerjakannya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعاً إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.  Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya.  Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Zumar: 53)

Kesimpulannya, jika orang yang  mati di atas agama selain Islam maka dosanya tak akan diampuni. Tempat kembalinya neraka. Kekal di dalamnya dalam laknat. Ini bahaya murtad. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version