View Full Version
Jum'at, 14 Aug 2009

Ummu Haram binti Mulhan Syuhada al Bahr

Siapakah Ummu Haram binti Mulhan ?

Dia adalah bibi Anas bin Malik, saudari Ummu Sulaim dan isteri Ubadah ibnush-Shamit. Beliau adalah perempuan Anshar dari Kabilah Najar al-Madani.

Memohon do’a kepada Rasulullah saw agar syahid.

Disebutkan didalam Al-Ishabah(4/441), Rasulullah saw bersabda ketika beliau berada dirumah Ummu Haram binti Mulhan. Ketika bangun dari tidurnya ( sebelum waktu dhuhur/ qailulah ) beliau tertawa kemudian bersabda’” Ada sekelompok manusi dari umatku yang diajak berperang dijalan Alloh SWT mengarungi lautan seperti seorang raja yamg memimpin keluarganya”.

Ummu Haram binti Mulhan spontan berkata,” Wahai Rasulullah SAW , berdo’alah kepada Alloh SWT agar saya menjadi bagian dari mereka’.

Maka beliau berdo’a, dan kemudian kembali beristirahat meletakkan kepalanya di pembaringan. Kemudian beliau bangun dan tertawa.

Ummu Haram kembali bertanya,” Apa yang menyebankanmu tertawa?”.

Beliau menjawab,” Ada sekelompok manusia dari umatku yang diajak berperang dijalan Alloh mengarungi lautan seperti seorang raja yang memimpin keluarganya.”

Ummu Haram binti Mulhan pun berkata,” Wahai Rasulullah berdo’alah kepada Alloh agar saya menjadi bagian dari mereka.”

Rasulullah saw bersabda,” Engkau adalah golongan pertama.”

Subhanallah …. Perhatikan dan hayati… betapa ia merindukan syahid dijalanNya. Betapa besar keinginannya  menjadi salah seorang pasukan perang fi sabilillah.

Ummu Haram binti Mulhan berangkat jihad

Ummu Haram dinikahi oleh Ubadah ibnush-Shamit yang kemudian mengajaknya berlayar. Ummu Harampun berangkat berlayar mengarungi samudera  untuk berjihad. Takdir terjadi, ketika berada dilautan lepas perahu terbalik dan ummu Haram meninggal dunia. Semoga Alloh SWT meridhoinya.

Ibnu Atsir berkata,” Peristiwa itu terjadi ketika pasukan kaum muslimin menaklukan Qubrus. Jsad Ummu Haram dikebumikan dikota Qubrus. Panglima saat itu adalah Muawiyah bin Abu Sofyan pada tahun 27 Hijriah. Masa Khalifah Utsman bin Affan.

Demikianlah sosok Ummu Haram, semoga kita dapat mengambil Ibroh darinya. Betapa keinginan mulia mencapai puncak ketinggian Islam pun. Banyak dimiliki dan diingini oleh para perempuan dimasa itu.

Bagaimanakah dengan kita saat ini ???

( Muslimah Berjihad o/ Yusuf Al ‘Uyairi dan Perempuan-perempuan Mulia disekitar Rasulullah SAW o/ M. Ibrahim Salim )


latestnews

View Full Version