View Full Version
Ahad, 20 Sep 2009

Tips Menyusui Bayi

Bagi para ibu harus mengetahui beberapa hal agar payudaranya dapat menghasilkan air susu yang baik:

1.Payudara harus mendapat perhatian secara khusus sejak kandungan berumur 7 bulan. Payudara harus disangga dengan Bra yang benar-benar pas agar dapat menyangga payudara dengan baik, sering dicuci dengan air hangat dan sabun serta dibalur dengan perahan buah kurma.

2.Sesudah persalinan, payudara harus selalu dibersihkan, baik sebelum menyusui maupun sesudah menyusui. Jangan menyusui bayi dengan sebelah payudara saja, tetapi secara bergantian, agar salah satu tidak lebih besar dari yang satu lagi.
Menyusui bayi secara alami sangat dianjurkan dalam Islam. Sehingga hal ini dijelaskan didalam Al-Quran:
“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.” (Al-Baqarah:233)

Ayat ini menjelaskan secara gambling kepada para ibu agar mereka menyusui anak-anaknya dan menyempurnakan penyusuan itu selama dua tahun. Ayat ini perlu menyebutkan jangka waktunya selama dua tahun yang menunjukkan pentingnya penyusuan secara alami. Sehingga para dokter di Amerika menyatakan bahwa susu sapi hanya cocok untuk anak sapi, sedang air susu ibu adalah yang paling cocok untuk bayi.

 

Ilmu pengetahuan modern menguatkan hakikat ini. Air susu ibu memberikan berbagai macam kandungan yang dibutuhkan bayi, baik protein, vitamin, zat besi, yang semuanya sudah tercampur dalam kadar yang seimbang. Air susu ibu merupakan materi yang  mengandung berbagai unsur yang dapat menanggulangi datangnya penyakit kepada anak yang sifatnya masih sangat labil.
Air susu ibu yang sudah disusun sedemikian rupa oleh Allah SWT selalu bersih, susunan alamiahnya tidak pernah berubah dan terus berproduksi mengiringi perkembangan bayi, agar dapat memberikannya makanan yang paling baik.

Manfaat penyusuan secara alami tidak hanya terbatas pada pemberian air susu ibu kepada anaknya. Tetapi kebersamaan antara ibu yang menyusui dengan bayinya dapat menciptakan hubungan yang dekat dan dapat memberikan perlindungan keamanan kepada sang bayi sehingga dapat mempercepat pertumbuhannya. Air susu ibu dapat mengalir terus sesuai dengan kebutuhan bayi.

Khadijah AQ.Al-Mutawakkil


latestnews

View Full Version