View Full Version
Jum'at, 16 Jul 2010

Alasan Pria Diam Ketika Wanita Bercerita Panjang Lebar

Jika anda merasa marah dengan suami yang hanya menjawab "Hemm...Hemmm" ketika anda berbicara panjang lebar kepadanya, maka simpanlah dahulu kemarahan anda dan pahamilah riset dibawah ini.

Sebuah riset di University of Sheffield, Inggris mengungkap bahwa pria bukannya tidak mendengarkan ucapan wanita pasangannya, tetapi memang begitulah cara pria mendengar wanita.

Pria dan wanita mempunyai struktur otak yang berbeda dalam mendengarkan sesuatu. Otak pria tidak langsung terhubung pada saat wanita bicara. Struktur otak pria butuh waktu lebih lama untuk mencerna ucapan-ucapan wanita. Ketika wanita bicara, pria menggunakan bagian otak primitifnya untuk memproses suara wanita. Bagian otak ini berfungsi untuk memilih.

Dalam suatu tes, peneliti memutarkan suara rekaman pria dan wanita kepada suatu kelompok partisipan yang terdiri dari pria. Selama mendengarkan rekaman, otak partisipan di scan dengan alat MRI (Magnetic Resonance Imaging). Hasil scan menunjukkan bahwa pria menggunakan bagian otak yang berbeda ketika mendengar suara pria dan suara wanita. Dengan demikian, disimpulkan bahwa ketika wanita berbicara, pria butuh waktu lebih lama untuk mengetahui maksud ucapan wanita. Itulah sebabnya, mengapa lima menit setelah wanita selesai bicara baru pria mengerti apa maksud pembicaraannya.


latestnews

View Full Version