View Full Version
Jum'at, 06 Aug 2010

Ayo Latih Anak Puasa

Sebagai orang tua, kita harus mengajarkan anak  untuk berpuasa. Selain itu, kita diharapkan untuk bisa menjelaskan kepada mereka untuk lebih berhati- hati mengonsumsi panganan, termasuk juga menjelaskan manfaat dan kandungan makanan, serta pengendalian diri terhadap nafsu makan selama berpuasa.  Dokter anak sekaligus ahli gizi, dr. Khairunnisa memaparkan beberapa manfaat yang didapat jika anak-anak dilatih berpuasa sejak dini. Ia malah menyarankan agar melatih puasa pada anak sejak umur 3 hingga 6 tahun. "Tidak ada ketentuan baku dari umur berapa anak dilatih untuk puasa, tapi lebih baik dari umur 3 sampai 6 tahun. Sehingga, nantinya anak terbiasa," ungkap dokter yang akrab disapa Nisa.

Puasa membuat anaklebih sehat, biasanya mereka jajan atau makan tanpa pantauan orang tua. Nah, kalau si anak  puasa, pola makan akan diatur oleh orangtuanya. Jadi nilai gizinya insya Allah lebih baik

Permulaan puasa pada anak, lanjut Nisa, adalah sesuatu yang baru dan patut dicoba. Namun, karena tingkat ketahanan setiap anak berbeda, sebaiknya orang tua melatih berpuasa sesuai anak itu sendiri. "Orang tua tidak perlu terlalu memaksakan, ikuti saja dulu kemampuan anak" tutur Kharunnisa. Selanjutnya Nisa juga menjelaskan bahwa puasa dapat membawa akibat yang besar bagi kesehatan anak Baik dampak jasmani juga rohani. "Tentu lebih sehat, biasanya mereka jajan atau makan tanpa pantauan orang tua. Nah, kalau si anak  puasa, pola makan akan diatur oleh orangtuanya. Jadi nilai gizinya insya Allah lebih baik," papar Nisa.
Khairunnisa menambahkan pada dasarnya, puasa itu bermanfaat dalam menyeimbangkan fungsi tubuh, terutama fungsi sistem pencernaan. "Puasa itulah saat yang tepat untuk mengistirahatkan sekaligus membersihkan seluruh alat pencernaan" jelasnya.(rps)


 


latestnews

View Full Version