View Full Version
Sabtu, 04 Dec 2010

Waspada Payudara Anda

Wanita umumnya dianjurkan untuk memeriksakan payudaranya setiap bulan. Namun ini membuat beberapa wanita cemas dan yang lain merasa bersalah jika mereka tidak melakukannya atau merasa bertanggung jawab jika ada kelainan.
 
Kini, dokter menganjurkan wanita agar mengenali bentuk dan tektur payudaranya, bukan memeriksa secara teratur. “Waspada payudara” berarti Anda menyadari perubahan apa pun pada payudara Anda dan bisa segera berkonsultasi kepada dokter. Demikian dikutip dari buku “Panduan Kesehatan Keluarga” karya Dr Miriam Stoppard.
 
Agar waspada terhadap payudara, Anda perlu mengetahui bagaimana penampakan
payudara Anda. Cobalah membiasakan diri memerhatikan payudara Anda di cermin dari waktu ke waktu –Anda bisa melakukannya setelah mandi atau sebelum berpakaian.
Angkatlah lengan ke atas kepada dan perhatikan cara payudara bergerak, sehingga Anda mengetahui apa yang normal bagi Anda. Perubahan yang perlu diwaspadai meliputi perbedaan bentuk payudara, seperti kerutan atau penarikan kulut, bengkak pada payudara, atau perubahan putting seperti kerutan.
 
Anda juga perlu mewaspadai bagaimana rasa payudara Anda. Agar Anda dapat menemukan perubahannya, rasakan payudara Anda setiap hari selama beberapa hari sampai Anda sadar perubahannya selama siklus menstruasi.
 
Payudara sebagian besar wanita akan terasa sedikit berbejol, khususnya dalam beberapa hari sebelum menstruasi. Setelah menstruasi berakhir, benjolan itu akan berkurang dan hilang seluruhnya. (sydh/okz)


latestnews

View Full Version