View Full Version
Selasa, 18 Aug 2015

10 Manfaat Minyak Kelapa pada Perempuan Hamil dan Menyusui

Dulu ketika ada yang hamil dan menyusui di keluarga besar kami, ibu selalu sibuk membuat minyak kelapa sendiri. Mulai dari memilih kelapa yang cukup tua sehingga bersantan banyak, memarutnya dan memasaknya sekian lama hingga keluar minyak sebagai proses akhir, semua dilakukan secara tradisional. Meskipun tanpa wawasan medis, ibu selalu meyakini bahwa minyak kelapa bagus untuk memudahkan ibu yang sedang hamil dan dalam proses melahirkan.

Minyak kelapa ini diminum sesendok demi sesendok setiap hari. Ketika teknologi dan pengetahuan semakin canggih, warisan para leluhur ini menyimpan banyak manfaat ternyata. Di bawah ini 10 khasiat minyak kelapa yang sangat baik untuk dikonsumsi baik ibu hamil, melahirkan dan menyusui.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh. Minyak tanah berfungsi untuk mencegah penyakit semacam pilek, flu dan jenis virus lainnya. Dua sendok kelapa per hari (bisa diminum langsung atau dicampur dengan minuman atau makanan lain bila tidak suka dengan aroma dan rasanya yang khas) bisa memperkuat daya tahan tubuh selama kehamilan.
  2. Memperlancar ASI. Meminum minyak kelapa satu sendok teh setiap hari bisa memperlancar ASI. Lancarnya ASI memberikan manfaat pada daya tahan tubuh bayi yang dikandung oleh minyak kelapa.
  3. Sebagai pengganti susu. Bila ibu hamil dan menyusui tak suka minum susu, maka minum minyak kelapa setiap hari bisa menggantikan fungsi susu, terutama bila si bayi mengalami alergi terhadap kandungan susu yang diminum oleh si ibu.
  4. Mengurangi rasa mual. Ibu hamil yang terutama yang kandungannya masih berusia muda biasanya mengalami mual di pagi hari. Meminum minyak kelapa bisa mengurangi gejala mual dan membuat perut terasa lebih nyaman sehingga masa kehamilan bisa dilewati dengan tenang.
  5. Mengatasi kekeringan pada vagina. Efek kehamilan membuat vagina kering. Mengonsumsi minyak kelapa secara teratur seperti memberi pelumas pada jalan keluar bayi ketika tiba saatnya melahirkan nanti.
  6. Mengatasi iritasi. Selama kehamilan, kulit juga biasanya ikut kering. Oleskan minyak kelapa di kulit yang terasa kering. Untuk ibu menyusui, minyak kelapa juga bisa dioleskan pada puting payudara yang mengalami lecet atau luka. Jangan khawatir, minyak kelapa ini aman untuk diisap oleh bayi ketika ia menyusu pada ibunya.
  7. Mencegah ‘stretch mark’ pada perut. Hamil dan melahirkan biasanya menyisakan stretch mark atau tanda semacam kulit berkerut pada perut. Untuk mencegahnya bisa dioleskan minyak kelapa sejak hamil hingga melahirkan di area sekitar perut. Ini karena minyak kelapa diyakini mengandung banyak vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit.
  8. Bagus untuk kulit bayi. Bayi yang baru lahir biasanya pantatnya suka memerah dan kepala bagian atas kotor seperti mengerak. Oleskan minyak kelapa sedikit saja ke area tersebut dengan lembut. Minyak kelapa cenderung aman dan tidak mengakibatkan kulit bayi iritasi. Tapi bila ragu, ibu bisa melakukan tes alergi pada bayi untuk mengetahui apakah ia alergi atau tidak dengan minyak kelapa.
  9. Bagus untuk memijat bayi. Sentuhan pada tubuh bayi diperlukan untuk perkembangan fisik dan psikisnya. Minyak kelapa bisa dipakai sebagai sarana untuk memijat bayi tanpa harus bingung memilih merk minyak bayi yang banyak dijual di pasaran. Memijat dengan minyak kelapa membantu bayi mudah tidur. Selain itu kulit bayi menjadi lembut dan menguarkan aroma yang gurih yang menyenangkan dan menenangkan.
  10. Bermanfaat untuk tonik rambut. Salah satu efek pasca melahirkan adalah kulit kepala terasa kering. Teteskan minyak kelapa pada kulit kepala dan besok paginya keramaslah agar kandungan minyak pada kulit kepala kembali normal.

Nah, para muslimah pembaca voa-islam yang dirahmati Allah bisa mulai mencoba khasiat minyak kelapa di atas khususnya bagi ummahat yang sedang hamil, persiapan melahirkan dan menyusui. Selamat mencoba! Wallahu alam. (dbs/riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google


latestnews

View Full Version